Mohon tunggu...
Rahman Arifin
Rahman Arifin Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 CILIMUS

Anggota Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat (KPPJB). Sedang belajar menulis yang bermanfaat bagi semuanya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka

18 Maret 2023   13:55 Diperbarui: 21 Maret 2023   14:32 527
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Workshop Implementasi P5 di Hotel Ayong Linggarjati Kuningan (Dokpri)

Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan hari Rabu 14 Maret 2023 mengadakan Workshop yang diperuntukkan bagi Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Penanggung Jawab P5 seluruh SMP di Kabupaten Kuningan yang berjumlah 78 SMP. Bertempat di ballroom Hotel Ayong Linggarjati Kuningan.

Acara dimulai jam 07.30 sampai dengan 16.00 WIB. Dibuka oleh Kadisdik Kabupaten Kuningan Bapak Drs. H. Uca Sumantri, M.Si. Beliau menyatakan bahwa guru-guru harus siap dengan perubahan termasuk perubahan kurikulum. Beliau juga menyampaikan tentang komitmen Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten Pendidikan. Selanjutnya beliau memaparkan tentang kelebihan kurikulum merdeka yang akan dilaksanakan disetiap sekolah, diantaranya  kurikulum merdeka fokus pada materi esensial, adanya jam pelajaran khusus pengembangan karakter dan fleksibel.

Selesai acara pembukaan dilanjutkan sesi materi yang disampaikan oleh Dr Hutmal Basori MPd. yang menyampaikan materi Perencanaan Berbasis data. Beliau memaparkan tentang program yang dijalankan sekolah harus berbasiskan data yang diperoleh dari raport pendidikan masing masing sekolah yang dikeluarkan oleh kemendikbud hasil dari Survei Lingkungan Belajar yang pernah dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Dalam pelaksanaannya ada tiga tahap yaitu IRB, identifikasi masalah berdasarkan indikator, Refleksi dan Benahi. Dalam pembenahan utamakan yang berwarna merah dan Kuning.

Materi ke 2 yaitu materi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa disingkat dengan P5 yang disampaikan oleh Ibu Vera Maulidya Sukarno, M.Pd. guru inspiratif nasional Kemendikbudristekdikti, presenter terbaik P5 BBGP Jabar, dan pendidik di SMPN 1 Kabupaten Subang.

Beliau memaparkan materi dengan penuh semangat. Peserta larut dalam kegiatan, menyimak materi, mengikuti permainan dan melaksanakan tugas-tugas dalam pelatihan.


Dibuka dengan pembagian karton yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian apa yang saya tahu (T),  apa yang saya ingin tahu (I) dan apa yang telah saya tahu (S). Peserta dikelompokkan berdasarkan gugus SMP yang ada di kabupaten Kuningan yaitu Gugus Kuningan, Kadugede, Cilimus, Ciawigebang dan Luragung.

Masing masing peserta diminta untuk menuliskan apa yang diketahui tentang P5 kemudian ditempelkan di karton yang ditempel di dinding kelas, kemudian masing-masing perwakilan kelompok membacakan hasil kerjanya dengan syarat tidak boleh mengulang pertanyaan yang sama dari kelompok lain.

Dilanjutkan dengan menuliskan apa yang ingin diketahui tentang P5. Permainannya sama yaitu masing masing kelompok membacakan hasil kerjanya dengan syarat tidak boleh sama dengan kelompok sebelumnya, tetapi urutan kelompok dibalik.

Kemudian pemateri menjelaskan materi P5  berdasarkan pertanyaan yang disampaikan oleh masing masing kelompok. Diantara penyampaian materi diselingi dengan permainan permainan menarik yang membuat peserta workshop tetap semangat dan antusias.

Ada 6 profil pelajar Pancasila yaitu Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlaq mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun