Mohon tunggu...
Nur RahmahWati
Nur RahmahWati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Rahmah

Communication 19

Selanjutnya

Tutup

Money

Penghasilan Pedagang Pasar Menurun Drastis Akibat Masa Pandemi

27 September 2020   21:45 Diperbarui: 27 September 2020   21:50 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kurang lebih sudah 6 bulan ini Masa Pandemi belum berakhir. Dampak yang kita rasakan sangatlah banyak, mulai dari belajar dari rumah, kehilangan pekerjaan dan masih banyak yang lainnya. Salah satunya dampaknya sangat terasa oleh pedagang Pasar Batik Cinderamata.

Salah satu pedagang di pasar yang tim kami temui mengatakan bahwa penghasilan setelah adanya pandemi sangatlah menurun drastis. Menurut penjelasan dari pedagang tersebut, biasanya Pasar Batik Cinderamata didatangi pedagang dari luar kota seperti Jepara, Pekalongan dan Kudus, tapi akhir-akhir ini hanya sedikit pedagang yang datang dari luar kota.

"Saya disini kan buka warung makan, dulu sebelum adanya pandemi ini penghasilan saya sehari bisa sampai 700 ribu, tapi setelah adanya pandemi ini saya dapat 200ribu perhari saja sudah sangat banyak." tutur pedagang tersebut.

Salah satu pedagang batik pun juga mengeluh jika penjualannya akhir-akhir ini sangat menurun. "Saya dulu punya karyawan 4 orang, tapi setelah pandemi karyawan saya liburkan semua, saya menjaga kios hanya bersama istri saya, sampai untuk bayar sewa kios saja saya rela mencari hutang ke bank, pokoknya hancur banget ini." jelas pedagang batik tersebut.

Sebagaimana yang kita ketahui jika banyak orang yang kehilangan pekerjaan akibat masa pandemi ini. Fenomena kehilangan pekerjaan ini terjadi disemua kalangan.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita dapat bekerja dan beraktifitas seperti biasa kembali, dan keadaan ekonomi dapat membaik seperti sedia kala.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun