Mohon tunggu...
Rahmah Hasanah Putri
Rahmah Hasanah Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa

only human

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kontribusi UNS pada Masa Pandemi COVID-19 Melalui Program KKN

10 Juli 2020   00:48 Diperbarui: 10 Juli 2020   01:02 5 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kontribusi UNS pada Masa Pandemi COVID-19 Melalui Program KKN
s-21315612-5f075949d541df7a00507942.jpg

Pandemi COVID-19 tidak menunda Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) untuk menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun, program KKN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan secara mandiri di lingkungan tempat tinggal masing-masing.   Program ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk berperan aktif dalam memerangi COVID-19, khususnya di lingkungan tempat tinggalnya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS, Rahmah Hasanah Putri (21), melakukan kegiatan KKN mandiri di Kota Bambu Selatan RT012/06, Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta, sejak tanggal 1 Mei hingga 18 Juni 2020, dengan  didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Prof. Dr. Pujiyono,S.H., M.H.

Program kerja yang dilakukan difokuskan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap COVID-19. Salah satu program kerjanya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai gejala, cara penularan, cara pencegahan, dan fakta-fakta terbaru mengenai COVID-19, dengan media poster, secara online melalui Whatsapp Group dan juga secara langsung. 

Selain itu, dilakukan pembuatan hand sanitizer bersama perwakilan Ibu PKK dan kemudian dibagikan dari rumah ke rumah sambil memberikan edukasi mengenai cuci tangan yang benar dengan tetap menerapkan physical distancing. Satu lagi program yang dijalankan adalah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah warga dan fasilitas umum yang ada di wilayah RT012/06. Cairan disinfektan dibuat sendiri bersama Ketua RT dan stafnya. Penyemprotan dilakukan sebanyak dua kali dengan jeda waktu satu minggu.

Kegiatan KKN ini mendapatkan tanggapan positif dari warga. Terlihat dari keaktifan warga saat dilakukan edukasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. Warga juga merasa senang karena mendapatkan hand sanitizer sehingga tetap dapat mencuci tangan saat berada di luar rumah. Meskipun kegiatan yang dilakukan tidak terlalu besar dampaknya, tetapi kegiatan ini merupakan salah satu wujud upaya UNS dan mahasiswa dalam membantu pemerintah memerangi COVID-19.

VIDEO PILIHAN