Judul buku          : Statistik Sosial
Penulis             : Morissan
Penerbit/Kota      : Prenadamedia Group
Tahun terbit        : September 2016
Jumlah halaman    : 345 halaman
PengantarÂ
Statistika merupakan ilmu yang sangat diperlukan oleh banyak orang pada saat ini. Statistika adalah ilmu yang mempelajari mulai dari pengumpulan data, pengolahan data sampai kepada pengambilan kesimpulan berdasarkan data tersebut.
Manfaat statistika sangatlah beragam, misalnya dengan statistika seseorang bisa mendapatkan gambaran mengenai suatu fenomena tertentu dengan lebih sederhana melalui ukuran statistik, Mampu mengambil kesimpulan dengan tingkat kepercayaan tertentu berdasarkan sampel dari populasi, dapat mengetahui apa saja faktor yang berhubungan dengan sebuah permasalahan dan masih banyak lagi manfaat-manfaat statistika lainnya.
Peran statistika bisa dibilang sangat mempengaruhi suatu bidang tertentu dalam mendukung suatu pekerjaan. Misalnya dalam dunia marketing, seseorang dapat mengetahui apa saja yang mempengaruhi penjualan, dalam dunia politik, pemerintah bisa memprediksi calon yang akan terpilih dalam pemilihan umum melalui quick count, dan dalam dunia ekonomi seseorang bisa mengetahui pengaruh kebijakan makro pemerintah terhadap inflasi, peningkatan kesejahteraan dan lain-lain.
Sebagai mahasiswa marketing communication and advertising, sangat penting bagi saya untuk mempelajari statistika ini. Karena di industri saya akan menggunakan statistik untuk menjadi dasar dalam perancangan strategi marketing apa yang akan dibuat.
Selain dalam merancang strategi marketing baru, statistik bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana keefektivitasan suatu program marketing pada masyarakat. Dan sebagai mahasiswa marketing communication and advertising sangat kami perlukan dalam menghadapai tantangan industri seperti ini.