Mohon tunggu...
Rahma divya
Rahma divya Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta

Haii salam kenal semua, Semoga suka sama artikelku yaa.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Senang Merangkai Kata dan Berimajinasi? Berikut 7 Langkah Awal Menjadi Seorang Penulis!

21 April 2021   05:28 Diperbarui: 21 April 2021   05:55 94 6 1 Mohon Tunggu...

Kamu senang berimajinasi? Pintar membuat quotes, caption hingga merangkai kata? Menulis bisa menjadi solusi terbaik mengasah bakatmu loh! Untuk menjadi seorang penulis, tidak perlu hal muluk-muluk. Cukup dengan niat dan senang merangkai kata kamu bisa menjadi penulis. Sejak kecil kita pasti sudah di hadapan dengan ilmu menulis, membaca, dan berkomunikasi. 

Bagaimana cara kamu berkomunikasi itu juga berpengaruh. Tutur kata dan pemilihan kata yang sering digunakan juga mempengaruhi ketikan atau susunan kata sehari-harimu. Maka dari itu bidang menulis ini adalah salah satu treat seseorang belajar merangkai kata menjadi kesatuan kalimat yang indah dan mudah di pahami.

Apa saja sih yang harus di persiapkan untuk menjadi seorang penulis? 

Ada 7 langkah awal yang perlu kamu siapkan untuk memulai menulis:

1. Kemauan dan Niat
Apapun yang dijalani dengan kemauan dan niat pasti akan berjalan lancar. Apapun kesulitan dan rintangannya tidak akan terasa berat jika kita bertekad untuk belajar. Maka dari itu tanamkan sikap yakin dalam diri kamu agar tetap semangat menjalani kegiatan ini.

2. Mulai mencari ide
Ingat ide adalah kunci awal sebuah tulisan. Untuk mendapatkan sebuah ide biasanya kita hanya perlu menunggu moment dan suasana yang pas. Ide terkadang muncul dari mana saja. Jangan memaksakan diri untuk cepat-cepat menemukan ide, apesnya   yang datang hanya sebuah napsu ide yang di ada-ada saja, hasilnya terkadang malah kurang efektif. Cukup santai saja, nikmati apa yang sedang kmu lakukan, sesekali kamu bisa keluar jalan-jalan sore sambil mencari angin, dan ide itu akan datang dengan sendirinya.

3. Selalu Mempunyai Notes
Ini hal wajib yang selalu para penulis lakukan, yaitu notes. Sebuah catatan (Note) berperan penting dalam menampung beragam ide yang masuk di otak kita. Seperti yang di jelaskan diatas. Ide akan datang kapan saja, sebagai penulis kita perlu memiliki notes untuk menampung ide ide emas yang terkadang sepintas terlewat di benak kita. Walaupun hanya satu dua patah kata, hal itu terkadang bisa melahirkan konsep ide yang sangat epic. Jadi, jangan sia-siakan ide yang tiba-tiba muncul ya, gaes. Langsung saja catat di notes kamu!

4. Menyusun konsep dan tema
Ayo buka notesmu! Sudah berapa banyak ide yang tertulis disana? Sekarang waktunya kamu menjabarkan konsep dari ide yang kamu punya. Cari tempat tenang yang mendukung mood kamu menulis. Pikirkan dan hayati setiap kata yang kamu tulis dalam notes. Imajinasi kan alur cerita yang kamu inginkan. Tentukan tema, lalu tulis dan buat konsep garis besar untuk ceritamu, buat juga konflik yang akan kamu angkat. Jangan terburu-buru, catat apa yang sekiranya terpikirkan. Biasanya alur akan datang disaat kita memulai menulis.

5. Mulai menulis
Untuk menulis bisa senyaman kalian, bisa langsung menulis di buku, notes, Microsoft Word, maupun media tulis lainnya. Penulisan dimulai dengan pembukaan cerita yang menarik, jangan takut untuk menuliskan isi pikiranmu, karena dalam menulis kamulah sutradaranya. Kmu si pembuat takdir atas para tokoh-tokoh yang kamu buat. Imajinasi kan apa yang ingin kamu buat, jangan ragu dalam memilih kata. Sebisa mungkin dalam menulis kamu juga ikut membaca dan masuk dalam alur ceritanya. Sehingga kmu dapat merasakan posisi para pembaca yang akan membaca ceritamu nanti. Terus lakukan seperti itu, buat cerita itu melekat kuat dalam otakmu, sehingga alur akan mengikuti setiap tulisanmu.

7. Terbitkan
Jaman sekarang banyak sekali wadah menulis untuk para penulis berbakat. Jangan sungkan untuk mempublish tulisan kamu di media sosial. Seperti wattpad dan blog contohya. Wadah yang menerima para penulis pendatang yang berbakat. Kalian bisa memulai membagikan karya kalian melalui aplikasi ini.

Menulis memang bukan sesuatu yang mudah. Menulis adalah sebuah keahlian seseorang dalam berkata-kata, memberikan rasa disetiap kalimat yang di buatnya, dan menciptakan feel melalui sebuah alur drama. Bakat ini termaksud anugerah yang langka, jadi jangan sia-siakan bakatmu. Jangan takut untuk memulai dan berkembang, tetap semangat dan terus berkarya!

VIDEO PILIHAN