Mohon tunggu...
Rahmadian Chaniago
Rahmadian Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

hobi saya membaca buku dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keistimewaan Pendidikan Khusus yang Dipandang Sebelah Mata

23 September 2022   16:00 Diperbarui: 23 September 2022   16:08 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan khusus adalah penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik yang mengalami kelainan dan/atau memiliki keterbatasan dalam mengikuti proses pembelajaran karena gangguan fisik, emosional, mental, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Anak berkebutuhan khusus sendiri memiliki spesifikasi berdasarkan ciri khususnya masing-masing.

Pendidikan khusus merupakan salah satu bentuk penerapan dari hak asasi manusia dalam bidang pendidikan, yang mana semua anak memiliki hak yang sama untuk mengemban pendidikan yang layak apapun kondisi dan latar belakangnya, dan pendidikan khusus hadir dalam mewadahi anak-anak istimewa ini untuk mendapat pelatihan dan pengajaran dari tingkatan paling dasar sampai tingkatan yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.

Tetapi hal yang sangat disayangkan ialah kurangnya dukungan dan perhatian dari berbagai pihak mengenai urgensi pendidikan khusus bagi anak-anak disabilitas. Perspektif-perspektif ini memandang para disabilitas adalah orang-orang sakit yang menjadi aib bagi masyarakat dan harus disembunyikan keberadaannya. Padahal anak-anak berkebutuhan khusus ini pun memiliki hak untuk di manusiakan sebagaimana manusia pada umumnya.

Pada beberapa kasus, banyak orang tua yang menolak kenyataan tentang kondisi sang buah hati bahkan menolak kehadiran anak mereka yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga anak-anak ini disembunyikan untuk menghindari rasa malu. Secara otomatis, anak-anak ini akan terabaikan dan jauh dari sentuhan metode pendidikan yang tepat. 

Hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak, yang pada harusnya mereka memeroleh pelatihan-pelatihan dasar yang sesuai sehingga dapat melakukan berbagai hal secara mandiri, menjadi sulit dicapai karena tidak mendapat dukungan orang terdekat terutama orang tua. Karena pada dasarnya setiap anak berkebutuhan khusus memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga metode pelatihan dan pengajaran pun akan berbeda. 

Pendidikan khusus memiliki keistimewaan tersendiri yaitu bentuk pengajaran yang di terapkan benar-benar disesuaikan dengan spesifikasi anak. Dimana anak-anak dengan kategori  tertentu akan di didik oleh pengajar khusus dibidang tersebut sehingga anak akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran dari guru atau pelatih. 

Maka dari itu, pendidikan khusus sangat lah penting dalam membantu anak berkebutuhan khusus untuk menyelaraskan ketertinggalan mereka yang disebabkan hambatan fisik, emosi, atau intelektual. 

Serta membantu pula para anak berkebutuhan khusus yang memiliki bakat istimewa atau kemampuan di atas rata-rata untuk mengembangkan bakat dan talenta yang mereka miliki agar bakat-bakat tersebut tidak tersia-siakan begitu saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan