Mohon tunggu...
Rahmad Wijaya
Rahmad Wijaya Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hanya orang yang kesana-kemari untuk belajar

Semua kisah yang terjadi adalah seni di dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Subsidi Kendaraan Listrik untuk Siapa?

23 Maret 2023   14:46 Diperbarui: 23 Maret 2023   14:59 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangannya teknologi yang semakin maju dalam berbagai bidang, tak terkecuali Otomotif. Perkembangan Otomotif sudah semakin pesat, lebih dari sekedar meningkatkan performa tapi juga efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar. Yang juga kita ketahui Bahan Bakar semakin lama harganya naik.

Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan kini juga semakin dewasa. Dunia yang mereka tempati kini tak lagi begitu baik, tingkat polusi yang semakin tinggi dan semakin luas. Perubahan Iklim sudah jelas, dan itu dampaknya semakin terlihat. Bukan hanya para aktivis atau ilmuwan saja yang mengambil peran untuk menghadapi masalah ini, tapi juga Petinggi-petinggi Dunia, dan berbagai Pimpinan-pimpinan Negara lainnya di harapkan untuk mengambil peran ini. Karena ini sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan Manusia di Bumi.

Inovasi Kendaraan Listrik dan Kemajuan Teknologi 


Beberapa tahun belakangan ini, kendaraan listrik di harapkan menjadi sebuah solusi untuk menekan tingkat emisi yang hari semakin tinggi dan luas. Para Produsen otomotif Dunia berbondong-bondong untuk mengambil peran ini. Para Produsen otomotif Dunia berkompetisi menciptakan Kendaraan Listrik mereka, bahkan tidak hanya mereka yang sudah lama berada di Dunia otomotif saja yang berkompetisi di Kendaraan Listrik. Bahkan perusahaan elektronik Sony saja sudah menciptakan mobil listrik mereka, yang bahkan mereka sudah lama bertahun-tahun lalu menunjukkan mereka turun ke dalam kendaraan listrik melalui video di laman YouTube mereka. Itu menjadikan bahwa Dunia Kendaraan Listrik itu sangat kompetitif, tidak hanya di ikuti Perusahaan Otomotif ataupun Elektronik saja, namun juga semakin banyak perusahaan Kendaraan Listrik baru juga bermunculan dan siap bersaing dalam kompetisi ini.

Di dalam dunia kendaraan biasanya kita hanya melihat pabrikan seperti Toyota, Mercedes Benz, Ford, Honda, BMW, Yamaha, Hyundai, Audi, Ducati, FIAT, KTM, Renault, Nissan, Suzuki, ataupun Jeep. Tapi kini kita di suguhkan oleh banyak perusahaan yang kita tidak ketahui namanya, tidak kita ketahui darimana mereka berasal. Ini masih Perusahaan Kendaraan besar berskala Internasional yang sudah memiliki pasar, bagaimana dengan mereka perusahaan-perusahaan kendaraan yang berskala kecil namun yang tidak kita ketahui dan luar jangkauan pikiran kita. Mungkin persaingan ini akan sulit untuk menentukan perusahaan Kendaraan Listrik manakah yang akan menjadi pusat pilihan dari Masyarakat, bukan hanya di dalam negeri, namun secara Global.



China menjadi negara yang bergerak begitu cepat dan melesat tanpa kita duga mereka kini menjadi besar. Perusahaan Otomotif dari China patut untuk di perhitungkan, mungkin juga akan bersiap untuk menghadapi perusahaan Otomotif lain dari berbagai negara besar yang sudah terkemuka sebelumnya seperti Amerika, Jepang, dan Jerman. Mungkin tidak mungkin suatu saat China menjadi kiblat otomotif Dunia.

Berapa Besar Subsidi Kendaraan Listrik di Indonesia


Belakangan ini, kita melihat media-media memberitakan Peraturan Pemerintah untuk memberikan subsidi Kendaraan Listrik. Subsidi bukan hanya di berikan terhadap Motor Listrik saja, namun juga terhadap Mobil Listrik dengan meniadakan PPMBN. Subsidi ini sebagai cara Pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk beralih ke Kendaraan Listrik, yang lebih ramah lingkungan. Kita juga ketahui populasi kendaraan di Indonesia adalah salah satu yang terbanyak di dunia, dan itu juga menggambarkan bahwa tingkat polusi di Indonesia juga tinggi. Subsidi Kendaraan Listrik ini di harapkan tidak hanya untuk membuat masyarakat beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan, tapi juga untuk menekan tingkat polusi yang ada di Indonesia.

Subsidi Pemerintah sebesar 7 juta/unit, untuk motor Listrik. Ini bukan nominal yang sedikit, melihat jumlah Subsidi yang akan di berikan juga 250.000 unit kendaraan Motor Listrik untuk berbagai Type dan Merek yang sudah di tetapkan.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun