Mohon tunggu...
Rahma Fajr
Rahma Fajr Mohon Tunggu... Jurnalis - Long Life Moeslim Learner

Long Life Moeslim Learner

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Stabilitas Guru dalam Mendidik di Tengah Ketidakpastian Sistem Pembelajaran Online akibat Pandemi Covid-19

18 April 2020   00:45 Diperbarui: 18 April 2020   00:47 307 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stabilitas Guru dalam Mendidik di Tengah Ketidakpastian Sistem Pembelajaran Online akibat Pandemi Covid-19
Analisis Kotak Suara. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

            Sampai kapan sih kita akan dirumah aja ? udah bosen dan mati gaya. Banyak yang menebak sambil berharap sebulan lagi yah, ada yang memprediksi pendemi ini masih akan berlangsung panjang setahun lagi. Mana yang benar? Usainya Pandemi corona memang tidak ada yang bisa menajamin. Ketidakpastian ini merupakan kepastian hari ini. Pandemi covid ini memberikan dampak perubahan pola hidup manusia yang akan berbeda dan berubah dengan kehidupan sebelumnya. Termasuk dalam perubahan pola pendidikan yang akan terjadi kedepan, hari ini di tengah ketidakpastian menjadikan sebuah pelajaran bagaimana pola pendidikan yang baru dan pelatihan agar tidak terjadi dalam shock situation lagi.

            Peran pendidik sangat diperlukan dalam menunjang dan menjamin keberhasilan suatu pembelajaran yang tidak lagi tatap muka namun menjadi tatap ruang dunia maya. Segala bentuk inovasi dan kreasi memang harus dicurahkan. Kemudian... bagaimana akan stabilitas hari ini pendidik memberikan pembelajaran online dengan hilangnya salah satu penilaian pendidik kepada siswa yakni keafektifan dengan melihat kedepan bila pandemi ini belum berakhir atau akan terjadi lagi?

            Ditengah ketidakpastian ini seharusnya kita bisa menciptakan kepastian-kepastian kecil, untuk problem solving dan antisipasi akan perubahan pendidikan. Pendidik memang telah mengusahakan dengan sepenuhnya namun peran siswa juga menjadi hal utama dalam interaksi dua arah yang dibangun. Stabilitas pendidikan hari ini memang belum maksimal namun setidaknya bagi pendidik, hari ini merupakan sebuah pengalaman untuk mengkorelasi teknik-teknik baru atau cara dan metode yang akan diujukan kepada peserta didik.

            Menurut penulis kunci utama untuk memberikan kestabilan dalam peroses pembelajaran via online atau dalam jaringan ini adalah "Sinergi" yang dibangun oleh seorang pendidik dan peserta didik, karena sinergi yang kuat akan menciptakan sebuah integasi dan menjalin suatu interaksi yang mudah dan lebih efektif. Pembelajaran yang dibangun 2 arah akan lebih baik dari pada yang terjadi hanya satu arah. Dampaknya komunikasi yang terjadi akan lebih santai dan enjoy serta tidak menghilangkan nilai tugas pokok dan fungsi dari kedua penggerak pendidikan, guru maupun murid.

            Sebagai pendidik juga harus tetap menjadi mediator dan motivator bagi semua siswanya. dari sini bisa dilihat bagaimana beratnya tugas seorang guru dan tanggung jawabnya namun dengan sinergi kedua pihak bisa berkolaborasi sehingga saling melengkapi dan meringankan beban di tengah situasi pandemi.

Guru juga harus tegas akan hal-hal yang kemungkinan masih akan terjadi kesalahan diluar dugaan dari proses pembelajaran daring, kebijakan seorang guru dan toleransi di uji. Guru juga merupakan garda terdepan pejuang stabilitas akan pendidikan karena ide dan inovasinya untuk perubahan pendidikan dan perkembangan pendidikan sangat dibutuhkan.

Terimakasih telah membaca semoga bermanfaat. 

mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan..

lekas membaik bumiku, pulih indonesiaku!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN