Mohon tunggu...
Nur Kumala Sari
Nur Kumala Sari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi: membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menggunakan Metode STAR dalam Menyusun Teks Khusus Greeting Cards

8 Desember 2022   09:31 Diperbarui: 8 Desember 2022   09:33 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulis adalah seorang guru Bahasa Inggris di SMP Suria Harapan School, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Pada kesempatan ini, penulis akan berbagi Best Practice yang telah dilaksanakan di SMP Suria Harapan School, Kelas 8, pada Semester 1, Tahun ajaran 2022-2023. Kelas 8 terdiri dari 21 peserta didik.

Tujuan yang ingin dicapai adalah peserta didik dapat menyusun teks khusus greeting cards dengan menggunakan platform Canva setelah melaksanakan pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) dan metode Brainstorming.                                                 

Situasi:

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Bahasa Inggris di SMP menargetkan agar peserta didik dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Ada empat keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa, yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Dari keempat keterampilan dasar tersebut, kemampuan menulis (writing) adalah keterampilan yang dirasa sulit bagi siswa, karena termasuk keterampilan yang produktif.

Kesulitan dalam writing ini juga dialami oleh siswa kelas 8 di satuan pendidikan SMP Suria Harapan School, khususnya pada materi greeting cards, dengan kompetensi dasar: menyusun teks khusus dalam bentuk greeting cards, sangat pendek dan sederhana, terkait hari-hari spesial dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan, kesulitan yang dialami siswa kelas 8 SMP Suria Harapan School ini terjadi disebabkan beberapa hal berikut:

1. Model pembelajaran yang digunakan kurang tepat.

2. Metode yang digunakan guru kurang inovatif.

3. Media pembelajaran yang digunakan monoton.

Berdasarkan permasalahan di atas, praktik baik (Best Practice) perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan model dan metode yang tepat sehingga pembelajaran inovatif dapat tercapai. Oleh karena itu, dari kajian literatur dan wawancara, guru mendesain pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan menyusun greeting cards, yaitu dengan model Project Based Learning (PjBL) dan metode Brainstorming. Selain berguna untuk situasi pembelajaran, best practice ini juga dapat dijadikan referensi bagi guru lain untuk menginovasi pembelajaran dalam kompetensi menyusun greeting cards.

Tantangan:    

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun