Mohon tunggu...
RAHIM ALAM
RAHIM ALAM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Membaca

Selanjutnya

Tutup

Money

Geliat Industri Pariwisata untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

24 September 2022   07:12 Diperbarui: 24 September 2022   08:02 33 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapasgama x Aspeksindo

Webinar nasional Kapasgama X Aspeksindo pada Kamis, 22 September 2022 yang menghadirkan beberapa narasumber atau pembicara pembicara ternama diantaranya Dr. Ir. Gatot Supangkat M.P., IPM. Dr.N Rusmiati, M.Si. H.Haliana, S.E. Fredy Thie. Prof. Dr. M. Baiquni, M.A. Dr. Ridha Taqwa, M.Si. Dengan mengangkat tema Geliat Industri Pariwisata Untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit lebih kuat.

Tema dalam webinar yang telah dilaksanakan ini membahas mengenai pembangunan berkelanjutan terhadap wisata di seluruh wilayah indonesia, adapun beberapa materi yang disampaikan adalah sebagai berikut:

Potensi Pariwisata perlu didorong, dalam pendorongaan pariwisata ada sesuatu yang harus dicatat yaitu keberlanjutan, keberlanjutan itu jauh lebih penting, dengan adanya sistem development maka akan mendorong pariwisata menjadi lebih berkualitas, maka dari itu tatanan tatanan sosial juga harus diperhatikan karena ada banyak sekali orang yang terlibat dalam sektor pariwisata. 

Semua daerah di indoensia pasti memiliki objek wisata bahari nya masing masing yang perlu dijaga keberlanjutannya, berbicara mengenai objek wisata bahari pasti tidak jauh jauh dengan hal pantai,Nah ada beberapa orientasi wilayah pantai di indoensia yaitu memiliki garis pantai 95,181 Km, perairan lautnya mencapai 5,8 jt km2,diapit oleh dua benua dan samudra, merupakan ring of fire, rawan bencana serta memiliki panorama yang indah dan kaya akan sumber daya. Pada proses Pembangunan Berkelanjutan interaksi antara beberapa faktor haris dikaji secara seimbang setelah itu harus diperhatikan commision on sustainable development, perundangan tetap sejalan dengan ekosistem dan perlu adanya keseimbangan dari ketiga pilar pembangunan, nah apa saja ketiga pilar pembangunan itu? Ketiga pilar ini terdiri dari ekonomi sosial serta lingkungan.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah 17 tujuan global dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk perdamaian dan kemakmuran manusia dan planet bumi sekarang dan masa depan. 17 Tujuan Global itu terdiri dari Menghapus Kemiskinan Mengakhiri kelaparan, Kesehatan yang baik dan sejahtera,Pendidikan berkualitas, Kesetaraan gender, Akses air bersih dan sanitasi, Energi bersih dan terjangkau, Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, Infrastruktur, industry dan inovasi, Mengurangi ketimpangan, Kota dan komunitas yang berkelanjutan, Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, Penanganan perubahan iklim, Menjaga ekosistem laut,Menjaga ekosistem darat, Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang kuat, Kemitraan untuk mencapai tujuan. Ada 5 Area utama dalam Green Finance dan Pariwisata berkelanjutan masuk kedalam salah satu dari 5 tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan