Mohon tunggu...
Rahayu Purnama
Rahayu Purnama Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Seputar Pengetahuan Fesyen Celana Santai pada Masyarakat Muara Gembong

30 September 2022   19:59 Diperbarui: 30 September 2022   20:01 131 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Pemberian Materi Celana Pada Mayarakat Muara Gembong (dokpri)

           Perkembangan ekonomi kreatif akan berbanding lurus terhadap pendapatan masyarakat.Industri kreatif bidang fashion merupakan potensi kreatif yang harus dikembangkan mengingat industri kreatif ini memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan untuk menciptakan daya saing yang unggul.

           Seiring dengan berkembangnya industri kreatif, maka hal ini menjadi peluang untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan seputar materi fesyen, khususnya pada masyarakat yang berada di daerah yang cukup terpencil. Muara Gembong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bekasi yang terdiri dari enam desa. Satu diantaranya adalah Desa Pantai Sederhana. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (https://bekasikab.bps.go.id/) pada Tahun 2018 Desa Pantai Sederhana memiliki 3.810 jiwa yang terdiri dari 1.926 laki-laki atau 50,5% dan 1.884 perempuan atau 49,5%. Mayoritas penduduk berprofesi sebagai nelayan. Sumber daya alam yang tersedia di wilayah tersebut adalah hasil tambak dan hutan mangrove. 

           Hal inilah yang menjadi tantangan para dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (Dr. Wesnina, M.Pd, Rahayu Purnama, M.Pd dan Tari Indriani, M.Pd)  untuk dapat berkontribusi dalam Pengabdian Pada Masyarakat (P2M).  Oleh karena itu, Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan SDM masyarakat di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong  melalui pemberian materi celana santai sebagai dasar yang penting sebelum melakukan praktik pembuatan celana.

          Upaya Pengabdian ini dilakukan terlebih dahulu dengan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan keterampilan membuat celana santai. Selanjutnya tahap persiapan dengan melakukan koordinasi dengan Pemangku Jabatan Desa Pantai Sederhana terkait kesiapan pelaksanaan kegiatan. Berikutnya pada tahap pelaksanaan, yakni dengan memberikan materi celana santai yang dilakukan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada 29 Juli 2022.

          Pada akhir pemberian materi, masyarakat menyatakan bahwa materi yang diberikan sangat bermanfaat untuk membantu mereka mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dalam menjahit celana. Setelah mengikuti pelatihan ini, masyarakat akan langsung mengambil peluang untuk membuka usaha di bidang fesyen. Selanjutnya, dosen FT UNJ akan memberikan pendampingan dalam upaya mengembangkan usaha masyarakat Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan