Mohon tunggu...
Rahardan Apriadji
Rahardan Apriadji Mohon Tunggu... -

"Inside every cynical person, there is a disappointed idealist." - George Carlin

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Pentingnya Content Marketing dan Socmed Marketing bagi Pemasaran Komunitas

20 Juli 2018   21:20 Diperbarui: 20 Juli 2018   21:17 579
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Komunitas adalah satu kelompok penting yang seharusnya ada di tengah-tengah masyarakat. Kelompok ini biasanya hadir dengan ketertarikan dan spirit yang sama terhadap satu hal. Untuk menyebarkan nama dari komunitas-komunitas yang ada, strategi pemasaran diperlukan di dalamnya.

Berdasar dari semangat itu, mahasiswa Universitas Mercu Buana jurusan Marketing Communication and Advertising mata kuliah Kuliah Peduli Negeri 401 menyelenggarakan kegiatan bertajuk #CommunityClass: Sharing Session Content Marketing and Social Media Marketing.

"Content marketing dan social media marketing merupakan cara yang secara konsisten seharusnya bisa dijalankan. Saya percaya branding adalah mendongeng. Pemasaran tidak boleh hanya fokus pada konsumen, tetapi pasar, konsumen, dan bakat. Kita perlu membuat cerita yang akan dibicarakan orang-orang," ujar Rahardan Apriadji, Content Marketing Specialist DailySocial.id, yang merupakan pembicara di kegiatan ini.

Sebagai pelajaran praktikal, mahasiswa-mahasiswa ini mengajak Komunitas Numismatik dalam kegiatan ini, dengan harapan komunitas tersebut dapat mengembangkan namanya lebih jauh lagi. Komunitas Numismatik adalah komunitas yang punya ketertarikan lebih pada faktor sejarah uang kuno dan kini. Bagi mereka, uang adalah bukti sejarah. Setiap uang dicetak, selalu ada sejarah yang mengikuti. Baik itu uang pada masa kolonial Belanda, Jepang, masa revolusi, maupun pemerintahan darurat, dan seterusnya.

Jika pemasaran konten adalah produksi dan distribusi konten berkualitas tinggi, relevan dan berharga bagi calon anggota komunitas, maka persyaratan pertama adalah branding untuk memastikan konten berkualitas tinggi - sesuatu yang hanya dapat dilakukan melalui keahlian.

"Event ini diharapkan menjadi sarana untuk mengeksplorasi tren dan pendekatan digital marketing terkini dan bersifat praktis, sehingga dapat dirasakan manfaatnya secara riil oleh komunitas dan bersifat aplikatif. Agar event ini bisa menebar manfaat bagi pertumbuhan digital marketing di Indonesia," ucap Sandy Anugerah, Head of Analytics Neo Digital, yang juga turut berbagi di kegiatan dari sudut pandang social media marketing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun