Mohon tunggu...
Rahadian Kafi
Rahadian Kafi Mohon Tunggu... S1 Manajemen Logistik, Pecinta Buku Sejarah, dan Gemar Membuat Puisi ataupun Cerpen

Pecinta buku yang bertema Sejarah, Ekonomi, Logistik Supply Chain, dan Pengembangan diri. Gemar menjelajahi Coffee shop, toko buku, dan tempat yang mengukir sejarah. Mengarang puisi dan cerpen menjadi hobi sejak di bangku sekolah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tujuan Strategi Supply Chain

2 Oktober 2025   21:00 Diperbarui: 2 Oktober 2025   21:00 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
floridaindependent.com

Dalam era persaingan global yang semakin kompleks, strategi tidak bisa dilepaskan dari tujuan jangka panjang. Tujuan inilah yang diharapkan dapat dicapai oleh organisasi atau supply chain secara keseluruhan. Setiap keputusan jangka pendek, termasuk yang terjadi di lingkungan lokal, harus mendukung arah pencapaian tujuan strategis tersebut.

Tujuan-tujuan strategis perlu dicapai agar supply chain mampu memenangkan atau setidaknya bertahan dalam persaingan pasar. Untuk mencapai hal tersebut, supply chain harus mampu menyediakan produk yang:

  • Murah
  • Berkualitas
  • Tepat waktu
  • Bervariasi

Keempat tujuan ini sangat penting di mata pelanggan. Namun, perlu disadari bahwa tingkat kepentingan masing-masing tujuan akan berbeda-beda tergantung pada jenis produk dan segmen pelanggan yang dilayani.

Oleh karena itu, strategi supply chain tidak dapat dipisahkan dari tiga unsur utama dalamkonsep pemasaran, yaitu Segmentations, Targeting, dan Positioning (STP):

Segmentations: Proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan kesamaan kebutuhan, keinginan, perilaku, atau karakteristik tertentu.

Targeting: Menargetkan proses memilih segmen pasar tertentu sebagai fokus utama strategi pemasaran. Sehingga memudahkan percepatan penjualan barang atau jasa

Positioning: Menentukan posisi atau citra produk di benak pelanggan, termasuk penempatan lokasi yang mudah dijangkau, agar proses penjualan dan komunikasi antara penyedia dan konsumen berjalan lebih efektif.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, maka supply chain harus bisa menerjemahkan tujuan-tujuan di atas ke dalam kemampuan sumber daya yang dimiliki. Dalam konteks operasi supply chain, tujuan di atas bisa dicapai apabila memiliki kemampuan untuk:

  • Beroperasi secara efesien
  • Menciptakan kualitas
  • Cepat
  • Fleksibel
  • Inovatif

Oleh karena itu penulis akan menampilkan gambaran tentang  4 aspirasi pelanggan dengan lima kemampuan strategis yang harus di miliki Supply Chain

Ilustrasi hubungan antara empat aspirasi pelanggan dengan lima kemampuan strategis yang harus dimiliki oleh supply chain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun