Mohon tunggu...
Ganendra X
Ganendra X Mohon Tunggu... Jakarta Worker

Suka klayaban, demen nulis, kadang jepret2, kadang iseng ngeVlog / email: masrahab@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

"A Welcome Home", Saatnya Kita Kembali ke Rumah

9 Januari 2018   15:47 Diperbarui: 9 Januari 2018   16:29 0 0 0 Mohon Tunggu...
"A Welcome Home", Saatnya Kita Kembali ke Rumah
Caption: Kompasiana Coverage bertema

HIDUP penuh ketidakpastian. Hingar bingar dunia pekerjaan, pergaulan dan tetek bengek lainnya yang berjalan begitu cepat, yang melenyapkan rasa manusiawi kita, tentang rileks, kenyamanan dan menikmati hidup. Saat itulah kita harus memiliki tempat tinggal yang mampu menjadi tempat menenangkan diri, menyegarkan, charge energi dan menjadi diri sendiri.

Puluhan tahun larut dalam ritme hidup di ibukota, Jakarta tak terasa akrab dengan kemacetan, polusi, dan suasana yang melenyapkan kenyamanan diri. Setelah bekerja seharian, beban kerjaan yang menumpuk tiap hari, datang dan pergi, membuatku sering kangen suasana rumah. I miss my bed

Pengennya cepet pulang dan menikmati suasana nyaman rumah. Ditambah lagi dengan hidup di dunia maya, melalui dunia social media, teknologi digital yang  merebak, kondisi sosmed yang tak sedikit bertebaran konten negative yang membuat mood kita terpuruk. Komplit dah lelahnya!

Itulah sebabnya kadang kalau saat hari libur, beristirahat di rumah sepuasnya itu bagaikan surga. Maksudku menikmati kenyamanan dan kebahagiaan. Itu tak lepas dari suasana, kondisi teknis rumah yang sesuai dengan kharakter dan gaya pribadiku.

Kondisi rumah itu menyangkut interior, pewarnaan, desai dan lain-lain. Pewarnaan dengan warna favorit yang sesuai dengan suasana hari itu bisa membuat mood. Itulah mengapa aku suka mengganti warna-warna dalam rumah. Sesuaikan dengan ruangan. Terutama ruang kerja untuk nulis-nulis, itu kan mesti yang bisa membangkitkan inspirasi kan ya? Soo aku suka warna terang. Biru langit, putih dan kuning.

Ternyata warna itu memang bisa mempengaruhi mood. Dan kombinasi warna yang tepat mampu membuat mood, suasana hati menjadi lebih positif. Kok bisa ya?

A Welcome Home adalah rumah Heart Wood

Jeremy Rowe, Managing Director, AkzoNobel Decorative Paints, South East & South Asia, Middle East menjawab tentang kaitan warna dan karakter orang. Bagaimana kombinasi warna yang cocok untuk karakter tertentu dan juga bagaimana warna bisa mempengaruhi mood seseorang.

Menurut Jeremy, warna itu mempengaruhi mood. Warna mampu memainkan peranan penting untuk menyeimbangkan antara kebisingan dunia dan ketenangan jiwa. Di tengah-tengah kondisi unpredictable yang melingkupi kehidupan sehari-hari.

"Orang-orang kemudian berpikir bagaimana cara menghindari kondisi unpredictable, jawabannya adalah... kembali ke rumah," kata Jeremy di depan awak media dan kompasianer/ blogger di acara Kompasiana Coverage bertema "Tren Warna 2018 untuk Hunian yang Nyaman dan Hangat" pada  Selasa, 5 Desember 2017, di The Glass House, Jakarta Selatan.

Caption: Jeremy Rowe, Managing Director, AkzoNobel Decorative Paints, South East & South Asia, Middle East saat acara Kompasiana Coverage bertema
Caption: Jeremy Rowe, Managing Director, AkzoNobel Decorative Paints, South East & South Asia, Middle East saat acara Kompasiana Coverage bertema
Ya, jawabannya mengerucut pada apa yang kita perlukan yang  rumah yang membuat kita disambut. A welcome home.

Oleh karena itulah AkzoNobel (produsen Dulux, sebuah merek cat dinding dekoratif) , melakukan riset kira-kira warna apa yang jadi trend  tiap tahun dan apa alasannya.  Nah riset dikerjakan oleh tim warna di Pusat Estetika Global AkzoNobel bersama 11 orang ahli internasional. Hasil riset menunjukkan bahwa tren kuat atas keinginan konsumen untuk mentransformasi rumah mereka menjadi tempat yang nyaman untuk rehat dari dunia luar. Dan ditentukan Colour of the Year 2018 adalah Heart Wood.

Warna-warna yang dihadirkan, yang dibutuhkan warna-warna di rumah, kita butuh warna hangat, yang bisa menghadirkan kehangatan. A Welcome Home adalah rumah Heart Wood.

Caption: Heart Wood hadir di ruang tidur. (Foto Ganendra)
Caption: Heart Wood hadir di ruang tidur. (Foto Ganendra)
Warna yang menggambarkan suasana hati saat ini (mood of the moment) dan memungkinkan konsumen untuk hidup dalam keseimbangan yang sempurna dalam rumah mereka.

"Heart Wood menghadirkan bukan hanya warna yang simple tapi sophisticated, unik, merah muda, coklat muda, biru tua, dan abu-abu," jelas Jeremy.

Warna yang disebutkan Jeremy terinspirasi dari sentuhan warna kayu alami dan kenyamanan dari material kulit. Keseluruhan warna yang  dihadirkan bagaimana bisa memadukan warna kombinasi untuk inspirasi. Setiap orang kebutuhannya berbeda. Introvert, ekstrovert berbeda. Untuk itu kombinasi warna dihadirkan dalam palet pendukung untuk melengkapi Heart Wood. Palet pendukung itu adalah The Comforting Home, The Inviting Home, dan The Playful Home.

The Comforting Home, sesuai untuk karakter individu yang suka menyendiri, introvert, banyak berpikir. Dulux mempersembahkan kombinasikan warna yang lebih hangat. Sentuhan kulit dan material lainnya, seperti sutra, beludru dan  juga warna nuansa  tanah liat. Diseimbangkan dengan nuansa warna merah muda yang lebih menenangkan pikiran.

Caption: Jeremy Rowe, Managing Director, AkzoNobel Decorative Paints, South East & South Asia, Middle East saat acara Kompasiana Coverage bertema
Caption: Jeremy Rowe, Managing Director, AkzoNobel Decorative Paints, South East & South Asia, Middle East saat acara Kompasiana Coverage bertema
The Inviting Home, sesuai dengan karakter ekstrovert, orang yang terbuka dan suka bekerjasama, serta optimis.  Nuansa biru yang teduh dikombinasikan nuansa netral, hijau segar, pastel diperkuat dengan warna biru tua dan coal. Suasana terbuak menjadi pusat dari rumah dengan sentuhan material berbeda, serat kain alami yang halus dan tahan lama memberikan rasa aman.

The Playful Homeini sesuai bagi yang suka petualangan,  pribadi periang, mudah beradptasi dan selalu ingin tahu. Kombinasinya adalah warna-warna cerah, hijau kekuningan emas.

Dulux selama 15 tahun mempopulerkan warna, Dulux  tak menciptakan warna tertentu, tetapi melakukan riset mendalam terkait trend warna tiap tahunnya. Hal ini sesuai permintaan pasar. Riset bagaimana warna bisa mengubah mood setiap penghuninya, berdampak pada kreativitas, suasana hati. Setiap orang merindukan rumah untuk melarikan diri dari ketidakpastian, informasi lebih banyak. Rumah menjadi tempat aman dan nyaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2