Mohon tunggu...
Ganendra X
Ganendra X Mohon Tunggu... Jakarta Worker

Suka nulis, fotografi, ngevlog - email: masrahab@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Injak Pedal di Ajang Datsun Risers Expedition Etape 1 Kalimantan

12 Januari 2016   01:43 Diperbarui: 18 Januari 2016   00:45 0 6 7 Mohon Tunggu...

[caption caption="Bocaheeeee hahaa.. (Dokpri)"][/caption]

Jalan mulus berhias beberapa titik lubang nan berliku, kaya tanjakan, turunan, berselimut hutan di kanan kiri menjadi pemandangan sejuk bercampur dag dig dug menguji nyali Risers (kompasianer terpilih) di hari pertama ajang Datsun Risers Expedition (DRE) etape 1 Kalimantan “Wisata Pulau Terdepan,” Senin (11/1/2016). Hampir 10 jam perjalanan ditempuh mulai dari Bandara Sepinggan, Balikpapan – Samarinda – Sangatta. Di ajang DRE gelombang ke 3 etape 1 (Total etape ada 3) ini yang menjadi bagian sejarah mengukir jejak 3000 km Datsun Indonesia di Kalimantan, aku mencicipi ‘ujian’ bermain pedal gas dan rem Datsun Go+ Panca bertransmisi manual. Perjalanan di hari pertama ini sebagai awal dari perjalanan risers mengunjungi destinasi alam, budaya yang menarik di Kalimantan sebagai pesona kekayaan Indonesia bersama Datsun Indonesia.

*

Pagi masih gelap ketika aku tiba di bandara Soekarno Hatta, Senin (11/1/2016). Yaa, aku menjadi salah satu peserta Datsun Risers Expedition Gelombang 3 Etape 1 Kalimantan. Etape 1 yang dijadwalkan mulai 11-15 Januari 2016 menempuh rute Balikpapan – Samarinda – Berau. Masih ada etape 2, digelar 19-21 Januari 2016 dengan rute Balikpapan-Banjarmasin. Etape ketiga 26-29 Januari 2016 menempuh rute Pontianak-Entikong-Pontianak. Di bandara aku bergabung dengan Kompasianer terpilih yang bertitik keberangkatan dari bandara internasional ini. Ada Gapey Sandy, Kang Arul, Syaifuddin, Fajr Muchtar, Satto Raji, Shendy Adam, Nurulloh. Eh sempat ketemu juga dengan adik kelas jaman kuliah di Yogyakarta dulu. Padahal lamaa ndak ketemu hehee. Menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GI) rute Jakarta – Balikpapan flight GA560, sekitar jam 05.30 wib, berangkat.

[caption caption="Di bandara Soetta. (Dokpri)"]

[/caption]

Sekitar jam 09.00 wib, pesawat GI tiba di bandara Sepinggan, Balikpapan. Dikarenakan perbedaan waktu se-jam antara WIB dan WITA, sempat kaget juga liat jam heheee. Baru nyadar kalau udah di kawasan WITA. Barisan mobil Datsun Go+ Panca beraneka warna sudah menanti. Cakep desain luar bergambar kepulauan Indoensia. Dan tentunya stikel bertulisakan Datsun Risers Expedition tertempel di pintu depan serta kap mesin depan. Masing-masing bernomor. Risers 1-5. Itulan mobil yang dipakai para risers menaklukan alam dan mengunjungi destinasi wisata selama 5 hari. Menggunakan mobil di tim R-4, (awalnya tim R-3) kami beriingan konvoi dengan driver dari pihak panitia, Pak Firman namanya. Mungkin “kami dianggap lelah”, abis penerbangan hehee, jadi disediakan driver. Iiihhh senangnya, bisa menikmati perjalanan dengan lebih santai. Perjalanan yang memakan waktu 3 jam-an menuju Dealer Datsun di Samarinda.

[caption caption="Para Risers di DRE Kalimantan. (foto Kang Arul)"]

[/caption]

Perjalanan selama 3 jam-an itu aku nikmati saja, mumpung belum ‘bertugas’ nyetir hehee. Melintasi jalan berliku Bukit Suharto, Kota Samarinda yang ramai, sungai Mahakam yang beken dan termasuk melewati polisi yang sedang razia! Aman brooo hehehee. Hingga sekira waktu jam makan siang, konvoi memasuki gedung kantor dealer Datsun Samarinda. Dan jam yang ditunggu tiba… makan siaaaang!! hahaaa Maklum aku udah lapar, yang lain sih lapar juga hehee. Abisnya karena berangkat pagi, gak sempat sarapan, dan menu dari pesawat GI-lah yang mengganjal perut hehee. Alhamdullilah yaaa

[caption caption="jalanan kota Samarinda. (Foto Ganendra)"]

[/caption]

[caption caption="Madyangggg time. (foto Ganendra)"]

[/caption]

Menunya lumayan yummy, ada kesukaanku udang goreng tepung, sooo … eh masakannya enak lorr, sesuai dengan lidah Jawaku. Ini diamini ama Kang Nanang, Kompasianer Ponorogo, Jawa timur yang berbisik padaku, “Makanannya berasa banget jawanya.”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4