Mohon tunggu...
Rafle Bachtiar
Rafle Bachtiar Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UMM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

UMM PMM 7 Adakan Pembagian Takjil untuk Menyambut Bulan Ramadhan

18 April 2021   20:00 Diperbarui: 18 April 2021   20:11 54 1 0 Mohon Tunggu...

Kelompok 7 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan pembagian takjil untuk menyambut bulan Ramadhan tahun ini. Kelompok yang beranggotakan 5 orang yaitu Rafle Bachtiar,  Zahrani Hi Sultan, Windi Fadlillatun Nisa’, Evita Rachma, dan Ahmad Wira Wasistha dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) dengan dosen pendamping (DPL) Bapak Ganjang Adhywirawan Sutarjo, S.Pi M.P. melakukan kegiatan tersebut di Lingkungan Payaman, Banyuwangi.

Selama bulan Ramadhan ini dianjurkan kepada setiap orang untuk memperbanyak berbuat amal baik. Salah satu amalan yang dapat dilakukan yaitu shadaqah. Shadaqah dapat dilakukan dengan kegiatan kecil seperti membagikan makanan berbuka puasa kepada sesama. Takjil yang dikenal sebagai makanan pembuka puasa merupakan salah satu contoh Shadaqah. Takjil tidak harus makanan tetapi dapat juga berupa minuman yang dapat menyegarkan saat dikonsumsi.

Pembagian takjil yang dilakukan pada Jum’at 16 April 2021 tersebut dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Takjil yang dibagikan berupa es buah yang telah dikemas pada wadah plastik. Es buah tersebut terdiri dari buah-buah meliputi nanas, melon dan semangka yang dapat menyehatkan dan cocok untuk berbuka puasa. Takjil tersebut dibagikan kepada masyarakat melalui door to door  dan jalan raya disekitar Lingkungan Payaman.


“Kegiatan ini selain bertujuan untuk merayakan awal puasa juga dilakukan untuk menjalin silaturahmi kepada masyarakat Lingkungan Payaman” ujar Zahrani selaku penanggung jawab kegiatan tersebut.

Pembagian takjil berjumlah kurang lebih 50 cup dibagikan kepada masyarakat yang berada di luar rumah dan yang melewati jalan raya. Respon positif yang diterima dari masyarakat yang mendapatkan takjil mulai dari ucapan terima kasih dan senyuman kepada kelompok PMM yang membagikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x