Karir

Peran Pemimpin dalam Membentuk Visi dan Misi yang Jelas dan Efisien

5 Agustus 2018   15:24 Diperbarui: 5 Agustus 2018   15:40 465 0 0
Peran Pemimpin dalam Membentuk Visi dan Misi yang Jelas dan Efisien
rejoagung.desa.id

dalam menjalani hidup semua orang pasti memiliki visi dan misi yang ia bentuk untuk menjalani hidup sebagaimana layaknya, seseorang tanpa memiliki visi dan misi dalam kehidupannya akan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidupnya karna tidak memiliki arah tujuan hidup.

Sebelum dijelaskan lebih lanjut saya ingin memberitahu apa itu visi ? apa itu misi ?

Visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan, wawasan apa yang tampak dalam khayal, penglihatan atau pengamatan. Atau kemampuan melihat gambaran / wawasan masa depan yang diinginkan berdasar penglihatan/pengamatan/perbandingan kondisi yang ada/ keadaan sekarang. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988).

Misi adalah adalah tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb. (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Dalam dunia kerja seseorang dituntut untuk memiliki visi dan misi dalam menjalankan tugasnya masing-masing agar berjalan sesuai dengan prosedur, tetapi visi dan misi yang dimiliki dalam dunia kerja tidak boleh menyimpang dalam artian tidak boleh memiliki visi dan misi yang kurang baik atau buruk.

Seorang pemimpin dalam memimpin organisasi atau perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas dan baik, karena dengan itu mereka bisa memimpin perusahaan dengan baik dan berjalan sesuai prosedurnya. Dengan pemimpin yang memiliki visi dan misi yang jelas mereka bisa membuat dan merencanakan kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan.

Sebaliknya pemimpin yang memiliki visi dan misi yang tidak jelas dan lebih mementingkan kepentingan pribadinya daripada organisasi atau perusahaan dapat merugikan perusahaan dan organisasi. Di era yang sedang berkembang ini ada beberapa pemimpin yang tidak memiliki visi dan misi yang jelas dan lebih mementingkan kepentingan pribadinya.

Seorang pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan harus bisa menentukan arah yang jelas bagi bawahannya supaya dapat mengoptimalkan kinerja organiasasi dan perusahaan tersebut sehingga berhasil mencapai tujuan bersama. Inilah yang dinamakan visi. Kriteria visi yang baik dalam memimpin sebagai berikut:

  1. Imaginable (dapat dibayangkan)
  2. Desirable (menarik)
  3. Feasible (realistis dan dapat dicapai)
  4. Focused (jelas)
  5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan)
  6. Communicable (mudah dipahami)

misi akan menggerakkan organisasi lebih baik. Keunggulan misi yaitu:

1. organisasi yang digerakkan oleh misi akan lebih efisien.

2. organisasi yang digerakkan oleh misi akan lebih efektif dan baik.

3. organisasi yang digerakkan oleh misi akan lebih fleksibel.

4. organisasi yang digerakkan oleh misi akan mempunyai semangat lebih tinggi.

Pemtingnya memiliki visi dan misi dalam kehidupan serta dalam kepemimpinan sangat penting untuk mementukan arah selanjutnya yang akan dituju. Itulah sebabnya visi dan misi mempunyai posisi yang sangat penting dalam kajian kepemimpinan. Visi dan misi merupakan gambaran umum atau cetak biru masa depan organisasi yang akan dipimpim oleh seorang pemimpin.