Edukasi

Pentingnya Membina Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

2 Juli 2018   20:00 Diperbarui: 2 Juli 2018   20:25 447 0 0

" Pentingnya membina jiwa kepemimpinan sejak dini"

            Sudah kita ketahui pentingnya mempunyai sosok pemimpin yang ideal adalah kebutuhan dari suatu perusahaan, organisasi atau negara ini. Sosok pemimpin yang ideal bisa membuat perbedaan yang dapat perusahaan memajukan dan menguntungkan perusahaan, karna dengan pemimpin yang ideal pemimpin tersebut tau bagaimana menjalankan peran pemimpin didalam perusahaan sehingga perusahaan tersebut berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

            Namun terkadang ada beberapa pemimpin yang tidak layak memimpin atau tidak ideal untuk memimpin suatu perusahaan, entah karna tidak mempunyai jiwa kepemimpinan atau pemimpin tersebut mempunyai sifat buruk yang dapat merugikan dirinya sendiri, bawahan serta perusahaan yang dia pimpin itu, banyak sekali sifat sifat buruk yang kita ketahui antara lain pemimpin yang tidak humble, memikirkan dirinya sendiri, tidak mempunyai rasa empati, egois, pemimpin yang tidak mau mendengarkan saran dari sejabat atau bawahan demi kemajuan perusahaan dan masih banyak lagi.

            Pentingnya membina pemimpin untuk tidak mempunyai sifat sifat tersebut sangat penting agar nantinya pemimpin bisa menjadi pemimpin yang tidak mempunyai sifat sifat buruk tersebut dan tahu bagaimana mengatasi agar sifat sifat tersebut tidak muncul dalam diri seorang pemimpin, maka dari itu seharusnya calon pemimpin harus dibina sejak dini agar kelak ketika dia memimpin dia mempunyai sifat sifat yang baik dan dia tau apa yang harus dia lakukan untuk membuat perubahan yang baik bagi perusahaan, organisasi atau bangsa yang dia pimpin.

            Mengapa kita harus membina pemimpin sejak dini ? karna melihat para pemimpin sekarang yang kurangnya moral dan etika yang melakukan tindakan tindakan yang tidak diinginkan banyak orang dan membuat rugi entah perusahaan, organisasi atau bangsa ini. 

Salah satu contoh tindakan yang tidak patut dilakukan oleh seorang pemimpin ialah korupsi, sudah kita ketahui semua beberapa tahun belakangan ini kasus korupsi sangat marak sekali dinegara ini dan yang melakukannya rata-rata seorang pemimpin yang harusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat dan mengayomi masyarakatnya, tetapi apa yang dia lakukan ? dia malah menyalah gunakan kepercayaan yang telah diberikan kepada rakyat untuk memimpin dan malah melakukan tindakan yang tidak terpuji yaitu korupsi.

            Pentingnya pembinaan calon pemimpin sejak dini sangat disarankan agar para calon pemimpin yang kelak akan memimpin memiliki sifat dan attitude yang baik serta memiliki pemikiran yang luas dan lebih mementingan perusahaan, organisasi atau bangsa ini majuketimbang melakukan hal hal yang malah merugikan perusahaan, organisasi atau bangsa ini

            Apa yang harus kita lakukan atau cara yang kita gunakan untuk membina para calon pemimpin ini ? berikut adalah cara yang kita lakukan untuk mendidik pemimpin sejak dini:

JUJUR

Pentingnya kejujuran harus diajarkan sejak dini kepada calon pemimpin agar para calon pemimpin tersebut bisa melakukan suatu pekerjaan dengan jujur dan tidak melakukan kebohongan.

PROAKTIF

Selalu ajarkan calon pemimpin untuk proaktif dan berinisiatif. Biasakan calon pemimpin harus bisa menentukan sikap, tindakan, sifat dan suasana hatinya sendiri. Hanya selalu beri pengertian kepada calon pemimpin dan tidak menyalahkan orang lain atas apa yang telah dia perbuat.

BERTANGGUNG JAWAB

Salah aspek dalam jiwa kepemimpinan adalah sikap tanggung jawab, oleh karena untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada calon pemimpin sebaiknya mengajarkan calon pemimpin pentingnya memiliki sikap tanggung jawab. jadi bagaimana menumbuhkan sikap tanggung jawab pada calon pemimpin ? Cara Menumbuhkan sikap tanggung jawab pada calon pemimpin bisa dengan memberikan amanah atau tugas kepada calon pemimpin untuk diemban, bisa juga dengan menjadikan calon pemimpin tersebut sebagai ketua dalam memimpin suatu acara, kelas atau organisasi sehingga merasa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepadanya sekaligus melalui cara tersebut jiwa kepemimpinan calon pemimpin akan terbentuk.

DISIPLIN

Hampir semua orang yang sukses dan pemimpin yang sukses memiliki jiwa disiplin yang sangat tinggi, sikap disiplin ini harus ditanamkan sejak dini agar melekat sampai tua nanti. Disiplin sangat penting untuk mencapai tujuan dan memimpin suatu perusahaan, organisasi atau bangsa ini. bagaimana cara menumbuhkan pribadi yang disiplin pada calon pemimpina ? Untuk menumbuhkan perilaku yang disiplin pada calon pemimpi bisa dilakukan dengan cara memberikan tugas namun harus dikumpulkan tepat waktu, harus ada di sekolah atau kelas sebelum bel tanda masuk berbunyi yang terlambat akan diberikan hukuman dan yang paling cepat datang diberikan hadiah dll. Dengan hal tersebut maka rasa disiplin pada calon pemimpin akan tumbuh secara perlahan.

BERANI

Salah satu ciri seorang calon pemimpin yang berhasil adalah memiliki keberanian dan selalu siap menanggung konsekuensi dari apa yang diputuskan oleh calon pemimpin tersebut. Lalu bagaimana cara menumbuhkan sikap berani pada pada calon pemimpin ? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan sikap berani pada calon pemimpin misalkan menunjuknya untuk berdiri didepan kelas untuk menjawab soal-soal, melakukan perlombaan yang menguji mental calon pemimpin, menunjuknya sebagai pemimpin upacara atau pemimpin suatu acara dan juga bisa memimpin suatu organisasi dan masih banyak hal lainnya.

MEMBEKALI CALON PEMIMPIN DENGAN ILMU AGAMA

Agama merupakan pedoman hidup bagi setiap orang. Sejak dini sebaiknya calon pemimpin diajarkan tentang ilmu agama. Karena pada dasarnya agama mengajarkan manusia menjadi pribadi yang baik, serta mengajarkan manusia bagaimana menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dan bagaimana menjadi pemimpin bagi orang lain. Dengan diajarkan ilmu agama kepada para calon pemimpin, calon pemimpin kemungkinan besar tidak akan melakukan hal hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2