Mohon tunggu...
Rafida Ilma N.
Rafida Ilma N. Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatnya Penggunaan Media Streaming Digital Menjadikan Budaya Populer di Masa Pandemi Covid-19

31 Desember 2020   13:00 Diperbarui: 31 Desember 2020   13:36 636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah hampir setahun masyarakat di seluruh dunia berada di masa pandemi Covid-19. Di masa pandemi seperti sekarang seluruh masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan keadaan. Mau tidak mau kita harus mengikuti protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat keluar rumah, tetapi sangat dianjurkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan menggantinya dengan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Karena kegiatan yang dilakukan menghabiskan banyak waktu di dalam rumah maka menyebabkan peningkatan penggunaan Media Streaming Digital dan menjadikanya sebagai budaya populer.

Budaya populer atau biasa dikenal dngan Pop Culture adalah budaya yang berkembang di masyarakat itu sendiri. (Lull, 2000 :165) Memberikan artian budaya populer bermakna bahwa "artefak-artefak dan gaya-gaya ekspresi  manusia berkembang dari kreativitas orang kebanyakan dan beredar dikalangan orang-orang menurut minat, preferensi dan selera mereka." Bisa dikatakan juga sebagai "gaya hidup" beberapa kelompok dalam jangka waktu tertentu. Budaya populer yang ada adalah keinginan dari masyarakat itu sendiri dan bisa berubah-ubah dalam kurun waktu tertentu.

Media streaming digital adalah sebuah teknolgi untuk menayangkan video atau audio secara langsung atau denga pre-recorder dari mesin server (web serve). Media streaming sendiri sudah banyak berkembang dimasa sekarang dan sudah lama beredar di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah ada media streaming digital sepeti Hooq yang didirikan tahun 2015 dan Iflix yang berdiri pada tahun 2014. Perkembangan media streaming digital yang sangat pesat akhir-akhir ini didukung juga dengan adanya masa pandemi Covid-19, kondisi spesial tersebut tentunya membawa keuntungan untuk media streaming digital, bagaimana tidak ?. Kegiatan diluar rumah sudah dibatasi, hampir semua pekerjaan dilakukan di rumah, mulai dari sekolah dilakukan secara daring dan pekerjaan lainya dialihkan menggunakan media digital.

Aktivitas yang biasanya dilakukan di akhir pekan seperti menonton film di bioskop, atau makan diluar sepertinya sudah diubah dengan memanfaatkan media digital yang ada. Yang biasanya hanya menonton film seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali sekarang bisa dilakukan setiap saat dengan menggunakan media streaming digital. Media streaming digital yang sangat populer sekarang ada Hooq dan Iflix dengan menyediakan berbagai tanyangan original Indonesia khususnya, terdapat platform asal Amerika Serikat seperti Amazon Prime Video dan Netflix. 

Adanya Netflix menjadikan salah satu pemicu menjadikanya media streaming digital menjadi budaya populer. Karena Netflix menyediakan tayangan original dan series terbaru yang menarik perhatian, dan yang tak kalah menarik adalah nedia streaming Netflix menyediakan tayangan drama korea sehingga tayangan yang ada di Netflix tidak melulu diisi dengan tayangan barat. Pecinta drama korea sudah tidak asing dengan media streaming seperti ada Viu dan WeTV yang menayangkan tayangan Asia seperti Tayangan Korea, Jepang, China, dll menjadi ciri khas Media streaming digital ini.

Media streaming digital sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan  hiburan di masa pandemi sekarang. Banyak keuntungan yang didapatkan, kita tidak perlu pergi ke bioskop untuk menonton film, kita tak perlu mempersiapkan diri seperti mandi dan menggunakan pakaian rapi untuk keluar menonton dan yang paling penting adalah kita lebih hemat dalam pengeluaran untuk menonton. Semisal untuk sekali menonton di bioskop kita bisa menghabiskan 35-50 ribu sekarang kita bisa mengakses media streaming digital untuk menonton sebulan dan banyak pilihan tayangan yang dapat ditonton. Dengan begitu kebutuhan akan hiburan tetap terpenuhi .


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun