Mohon tunggu...
Raffi ArsyadMaulana
Raffi ArsyadMaulana Mohon Tunggu... Mahasiswa FISIP UAJY 2017

Mahasiswa FISIP UAJY 2017

Selanjutnya

Tutup

Film

Sindiran Diskriminasi RAS Melalui Film "Dear White People"

11 November 2020   22:50 Diperbarui: 11 November 2020   23:28 84 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sindiran Diskriminasi RAS Melalui Film "Dear White People"
Sumber: delmarvalife

Perbedaan suku dan ras merupakan salah satu hal yang sejak dahulu sampai sekarang tidak bisa habis untuk dibicarakan, meskipun dapat dikatakan hal ini merupakan suatu isu yang cukup sensitif. Salah satunya sering kita jumpai dengan beredar dan dibuatnya film yang membahas mengenai suatu ras tertentu. 

Dear White People salah satunya, film yang dirilis pada tahun 2014 ini menceritakan tentang sekelompok mahasiswa ras kulit hitam yang sedang menempuh kuliah pada salah satu kampus di Winchester. Ke empat orang tersebut memiliki masalah pribadi yang berhubungan dengan ras mereka. 

Film ini merupakan film yang menarik karena memiliki cerita yang jarang ditemui pada film lain yang mengangkat isu rasisme, berbeda dengan yang lain, pada film ini menceritakan tentang sekumpulan mahasiswa yang menekan ras lain yang pada kenyataanya bahwa mereka sering ditekan karena adanya perbedaan ini. 

Dapat dikatakan bahwa film ini dibuat sebagai sindiran terhadap apa yang sering terjadi pada lingkungan sekitar terlebih lagi di Amerika kejadian diskriminasi terhadap ras tertentu sangat sering terjadi. 

Diskriminasi terhadap ras kulit hitam merupakan hal yang sering terjadi di sana, suatu ras tertentu merasa lebih baik dadi ras yang lain, hal ini menyebabkan diskriminasi tersebut terjadi. 

Film ini mencoba menyindir apa yang sering terjadi dengan menggunakan sebuah karya berupa film sebagai medianya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x