Mohon tunggu...
Rafael Kiano
Rafael Kiano Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - .

Sedang berusaha untuk berkontribusi ke masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kriteria Pemimpin Ideal untuk Indonesia

8 September 2022   20:34 Diperbarui: 8 September 2022   20:52 182 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kurang dari 2 tahun lagi, Pilpres 2024 akan diselenggarakan. Tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024. Setelah 10 tahun terakhir Indonesia dipimpin oleh presiden yang sama selama 2 periode, akhirnya bangsa ini akan mengalami regenerasi kepemimpinan. Dalam menyambut pemilihan presiden mendatang, kita sebagai rakyat haruslah merenungkan kembali pemimpin seperti apa yang dibutuhkan negeri ini. 

Kita harus memikirkan secara mendalam dan rasional ketika memilih nanti. Karena, pilihan kita akan menentukan nasib bangsa ini selama 5 tahun kedepan. Pemimpin seperti apakah yang ideal bagi Indonesia?. Berikut ini beberapa kriteria yang harus ada pada pemimpin Indonesia nantinya.

1. Intelektual
Pemimpin yang intelektual adalah pemimpin yang memiliki kecerdasan dan kemampuan berpikir yang dan baik, lalu kemampuan tersebut digunakan untuk bekerja, menggagas, mengambil keputusan, dan mengatasi persoalan. 

Sering kali kita temukan pemimpin-pemimpin yang mudah dipengaruhi oleh pihak lain dalam keputusan politiknya, sehingga, hasil keputusannya cenderung hanya menguntungkan satu pihak dan tidak pro rakyat. Sebab itulah, diperlukan sosok sosok pemimpin yang memiliki kualitas intelektual. 

Mengapa kriteria intelektual itu penting?. Karena, seorang intelektual tidak akan mudah didikte oleh pihak pihak eksternal yang memiliki kepentingan tertentu dalam mengambil keputusan. 

Dua filsuf paling berpengaruh asal Yunani yaitu Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa sistem pemerintahan terbaik adalah pemerintahan yang dipimpin oleh filsuf atau kaum intelektual. Karena, mereka percaya seorang intelektual dapat memikirkan dan mengambil keputusan yang paling baik dan tepat. 

Teori ini disebut sebagai sistem pemerintahan Aritokrasi. Ia akan mengandalkan intelektualitasnya dalam memutuskan sesuatu secara mandiri dan komprehensif. Seorang intelektual yang berwawasan luas, juga akan cenderung pribadi yang toleran. Pemimpin yang toleran sangatlah dibutuhkan di Indonesia sebagai negara yang majemuk dan multiras.

2. Visioner
Kriteria kedua adalah pemimpin yang visioner. Yaitu, pemimpin yang selalu memiliki visi dan rencana yang jelas dalam bekerja, baik visi jangka pendek, menengah, dan panjang. Karena, visi atau rencana kerja yang baik dapat membuat kinerja menjadi lebih efektif, terstruktur, dan efisien. Visi tersebut harus menyeluruh dan mendalam di segala bidang, baik sosial, budaya, politik, ekonomi, maupun ekologis atau lingkungan.

3. Track Record yang Baik
Pemimpin yang baik tentu harus juga memiliki track record yang baik dalam kualitas kepemimpinannya sebelumnya. Apakah perkataan dan tindakannya sesuai?, apakah visi dan aksinya relevan?, apakah komunitas yang dipimpin sebelumnya puas dan bahagia dengan kinerja kepemimpinannya?. 

Berdasarkan track record tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana kinerja sesungguhnya dari para tokoh itu. Pemimpin yang ideal haruslah memberikan banyak kontribusi nyata kepada masyarakat, dan tidak hanya sekedar janji-janji manis kampanye belaka.

Itulah beberapa kriteria pemimpin ideal bagi Indonesia yang menurutku dapat dipertimbangkan. Yakni pemimpin yang intelektual, visioner, dan memiliki track record yang baik. Rakyat Indonesia haruslah merenungi secara serius mengenai calon calon presiden potensial nantinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan