Mohon tunggu...
Rafael Kiano
Rafael Kiano Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - .

Sedang berusaha untuk berkontribusi ke masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kemerdekaan, Momen Tepat untuk Mendoakan Pahlawan

17 Agustus 2022   18:35 Diperbarui: 17 Agustus 2022   18:44 104 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Selamat ulang tahun bangsaku tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga kita semua dapat pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat.

Dalam rangka menyambut datangnya hari kemerdekaan Indonesia, masyarakat kita biasanya menyelenggerakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkannya. Contohnya gerak jalan, aneka perlombaan, dan lain lain. Namun, ada satu kegiatan yang sering kali dilupakan, padahal itu sangatlah penting menurutku. Yaitu, memberikan hadiah kepada pahlawan. Dan hadiah yang paling sederhana namun sangatlah berkesan, yaitu mendoakan para pahlawan.

Mengapa kita perlu mengirimkan doa kepada para pahlawan?. Karena, doa merupakan hadiah yang terbaik yang dapat kita berikan kepada mereka. Baik yang telah tiada, maupun yang masih ada. Ini merupakan salah satu langkah konkret kita dalam berterimakasih dan mengapresiasi jasa jasa mereka selama ini. 

Mereka di masa lalu, telah hidup dalam ketidakbebasan karena penjajahan. Namun, mereka berjuang habis habisan sampai titik darah penghabiskan. Demi kemerdekaan di masa depan, yang saat ini kita rasakan. Sehingga, sungguh "tidak elok" jika kita di hari ini hanya bermain, berlomba, dan bergembira, tanpa mengucakapkan terimakasih dan mendoakan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan secara sungguh sungguh dan sepenuh hati.

Sering kali di hari kemerdekaan ini, kita hanya mengingat akan hasilnya, yaitu merdeka. Namun, kita sering lupa untuk mengingat perjuangan yang dicurahkan untuk menggapai hasil tersebut. Dan juga, kita jarang berterimakasih akan pengorbanan itu. Salah satu cara kita berterimakasih adalah dengan mendoakan mereka, para pahlawan. Untuk yang telah tiada, kita doakan agar amal mereka diterima disisi Nya, dan mereka tenang di alam sana. Untuk yang masih ada, semoga mereka selalu bahagia dan diberikan kecukupan baik materi dan non materi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan