Humaniora Pilihan

Supercell, Badai Langka dan Mematikan

13 September 2017   21:14 Diperbarui: 13 September 2017   21:17 670 1 1
Supercell, Badai Langka dan Mematikan
weatherstorm.net


Supercell adalah badai yang sangat jarang terjadi, namun memiliki daya penghancur yang dahsyat. Selain disebut sebagai badai supercell, sesuai wujudnya, badai ini juga disebut sebagai badai petir yang berputar. Supercell mengandung angin penghancur yang kuat, batu es sebesar bola baseball, dan tornado. Dengan semua kandungan yang ada dalam badai ini, Supercell mampu memberikan dampak yang luar biasa pada apapun yang dilewatinya.

Supercells terdiri dari beberapa bagian yang berbeda. Pada tingkat yang paling dasar, sebuah supercell dilengkapi updraft yang berputar dan downdraft yang kuat. Sebuah updraft adalah tempat udara hangat dan lembab naik dan mengembun dalam badai dan berkat geseran angin yang kuat, updraft dan downdraft biasanya berada di tempat yang berbeda - yang memungkinkan badai berkembang karena bisa 'bernafas'. Di bawah updraft pada titik terkuatnya seringkali ada awan dinding. Awan dinding yang gigih dan berputar menunjukkan potensi pembentukan tornado yang dahsyat.


Terdapat empat unsur penghasil badai supercell, yaitu kelembaban, instabilitas atmosfer, sesuatu untuk mengangkat udara, dan angin vertikal untuk memutar badai. Dengan putaran angin yang kencang ini, terbentuklah wall cloud (dinding awan) yang turun ke bumi. Sebagai contoh, badai supercell terbentuk ketika udara kering dari Pegunungan Rocky menggusur udara lembab dari Meksiko, mengakibatkan terbentuknya badai.

Tidak sedikit orang yang malah menganggap badai supercell sebagai harta karun yang langka, terutama fotografer. Mereka memilih untuk memburu fenomena alam ini untuk mengabadikannya. Bukan hanya karena kejadiannya yang langka, namun juga karena wujud fisik dari badai supercell yang luar biasa. Sebagian orang mungkin akan berpendapat fisik badai supercell ini indah, dimana yang lain berkata sebaliknya.

Dapat kita simpulkan bahwa dengan adanya badai ini segala material berupa bangunan rumah, hewan ternak, kendaraan, bahkan nyawa manusia sendiri terancam. Mengenyampingkan segala dampak negatif dari badai ini, ternyata ada juga manfaat atau dampak positif yang kita terima. Baik dalam segi material maupun moral. Nitrogen yang berasal dari petir dapat menyuburkan tanah, adalah salah satu dampak positif dalam segi material. Dalam segi moral, manusia dapat lebih mengagungkan kekuatan Tuhan YME setelah melihat, megalami, dan merasakan kedahsyatan badai ini.

Mengingat ini adalah peristiwa alam, manusia memang hampir tidak memiliki kekuatan untuk mengendalikannya. Selain untuk diwaspadai, kita juga sepantasnya bersyukur karena masih ada manfaat dari peristiwa alam yang mengerikan ini. Dengan mempelajari badai supercell ini semoga kita dapat menambah wawasan pengetahuan dan iman kita bahwa ada kekuatan yang jauh lebih hebat dari segala sesuatu yang ada di dunia ini, yaitu Tuhan.


Tornado Titans.2017."What are Supercells?"tornadotitans.com, diakses pada tanggal 11 September 2017