Mohon tunggu...
Eko Dardirjo
Eko Dardirjo Mohon Tunggu... Menulis

Pengurus Rumah Literasi Waskita Brebes

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kenali Istilah Informasi tentang Covid-19

21 Maret 2020   00:07 Diperbarui: 21 Maret 2020   00:12 80 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Istilah Informasi tentang Covid-19
Gambar: Kompas.com

Bapak/Ibu, perlu di sadari pemberitaan yang begitu heboh lewat dunia Maya membuat kita bertanya-tanya, apa maksudnya ?

Beberapa poin penting agar kita bisa tahu dan paham hal-hal yanh sering di sebutkan orang lain mengenai kasus Virus Corona saat ini, semakin tahu semakin malah akan lebih bagus bagi masyarakat agar tidak salah tafsir, berikut ini Istilah dalam Corona Virus Disease (Covid-19):

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) ini sering di lakukan bagi warga yang pulang ke kampung setelah bekerja di luar negri, saat ini pendataan ODP lagi di galakan sampai tingkat rendah dalam tatanan negara yakni di tiap Desa untuk menekan penyembaran Virus Corona

2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan), mereka yang di nyatakan negatif namun tetep masih di nyatakan sebagai PDP.

3. Suspeck (diduga terkena Virus karena sudah menunjukkan  gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan Orang yang Positif Corona),

4. Positif (setelah melalui Cek Laboratorium dan Prosedur lain), setelah seseorang di nyatakan positif maka akan mengalami masa karantina atau isolasi di tempat tertentu yang sudah menjadi rujukan bagi orang yang terkena virus Corona.

5. Lockdown
(Mengunci masuk keluar dari suatu Wilayah/Daerah/Negara) suatu negara jika sudah menyatakan lockdown makan semua masyarakat di wilayah tertentu agar tidak keluar rumah, dan semua kehidupan sehari-hari akan di tanggung oleh negara

6. Social Distancing
(Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar Manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak Orang), ini yang sering kita dengar dan salah satu yang kita alami saat ini adalah libur selama 14 hari.

7. Isolasi
(Untuk yang Sakit mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang. Mencegah perpindahan Penyakit  dari Orang yang Sakit) masa isolasi sekitar 14 hari sampai si pasiene yang tekena bisa sembuh.

8. Karantina
(Untuk yang Sehat,  Mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang. Mencegah perpindahan Penyakit  ke Orang yang Sehat)

9. Work From Home (WFH) Bekerja dari Rumah setelah memang di nyatakan memasuki gawat darurat, semua masyarakat harus tetap berada di dalam rumah dan tidak di anjurkan keluar rumah sampai proses pekerjaan pun di lakukan di rumah.

10. Imported Case  (Seseorang terjangkit saat berada diluar Wilayah dimana Pasien melapor)

11. Local Transmission (Pasien tertular diWilayah dimana Kasus ditemukan)

12. Epidemi (Penyebaran Penyakit secara Cepat dengan jumlah terjangkit Banyak dan tidak Normal, Penyebaran disuatu Wilayah)

13. Pandemi (Penyebaran terjadi secara Global)

Informasi yang ada di atas semoga menjadi ilmu pengetahuan tentang wabah yang sekarang ini, dan kita termasuk orang-orang yang di jauhi oleh wabah ini dan negara Kembali seperti semula.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x