Mohon tunggu...
Radyastuti
Radyastuti Mohon Tunggu... Meliora Cogito

The Archer - 93 Line

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar Bahasa Korea Lewat TikTok, Bisa Fasih dalam Sebulan?

18 Februari 2021   12:07 Diperbarui: 18 Februari 2021   12:17 781 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Bahasa Korea Lewat TikTok, Bisa Fasih dalam Sebulan?
Sumber foto: TikTok @nadiaaisyah05

Siapa bilang belajar bahasa Korea itu susah? Ada banyak cara, nih, yang bisa kamu lakukan sembari menghabiskan masa PPKM yang tak kunjung usai. Bisa mulai dari cara berbayar ikut kursus, sampai belajar gratis secara otodidak, melalui TikTok.

Adalah Nadia Aisyah, yang merupakan salah satu content creator asal Indonesia yang bisa kamu ikuti untuk belajar bahasa Korea secara otodidak. Dikenal melalui akun TikToknya @nadiaaisyah05, Nadia Aisyah aktif mengunggah berbagai macam tips dan pelajaran dasar mengenai bahasa Korea dengan misi tetap semangat berkegiatan positif meski hanya dirumah saja.

Dimulai dari kecintaannya terhadap BTS, Nadia mencoba memanfaatkan masa quarantine (2020) kala itu secara produktif dengan belajar bahasa Korea secara otodidak melalui youtube. Hasilnya? Hanya dalam kurun waktu satu bulan, dirinya sudah bisa berbicara dengan fasih!

Menggunakan tagar #Bakor dari singkatan #BahasaKorea, kamu bisa temukan berbagai macam videonya dengan penjelasan menyenangkan sekaligus mudah dipahami. Hal ini lebih memudahkan kamu untuk belajar juga, lo. Karena hampir dalam setiap videonya, Nadia juga kerap memberikan penjelasan secara detail dengan contoh studi kasus di Indonesia. Bahkan sesekali ada tes dadakan yang dia berikan, juga! Lumayan banget nih, belajar gratis ditengah masa pandemi seperti ini. Cara hemat dan smart untuk belajar bukan?

Nah buat kamu yang malas scrolling untuk cari konten pertamanya, coba deh simak summary dari cara Nadia dibawah ini untuk bisa fasih berbahasa Korea secara otodidak hanya dalam satu bulan!

Punya Catatan Hangeul (Huruf Konsonan dan Vokal Korea)

Catatan ini bisa membantu kamu untuk mengenal  huruf Korea dan cara pelafalannya sebelum masuk ke step lebih lanjut. Cobalah untuk menulis ulang di buku dan buka setiap kamu ikut kuis dari akun TikTok @nadiaasiyah05. Dengan belajar hangeul ini, kamu bisa secara tidak langsung hapal dan lancar menulis. Proses ini bisa juga dibantu dengan aplikasi belajar bahasa Korea lainnya seperti Duolinggo juga ya.

Belajar Susunan Kalimat Korea

Dengan belajar susunan kalimat Korea, kamu bisa tahu perbedaan arti per kosa kata dan penempatannya. Di Korea, susunan kalimat Korea memiliki perbedaan dari yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Susunan kalimat di Korea dimulai dari Subjek -- Objek -- Keterangan -- Predikat

Pahami Partikel

Setelah belajar menyusun kalimat, maka kamu harus menambahkan partikel yang menjadi poin penting dalam susunan kalimat Korea untuk menambahkan makna dan sebagai penegasan di dalamnya. Ada 4 macam partikel, yaitu partikel topik, subjek, objek, dan partikel tempat dan waktu. Masing-masing partikel ini punya fungsinya sendiri, lo. Jika kamu ingin menuliskan kalimat untuk menegaskan subjek, maka kamu harus menggunakan partikel subjek, berlaku bagi lainnya juga ya.

Sering Latihan Susunan Kalimat Korea

Kalau sudah jago partikel, kamu bisa nih sering-sering latihan menyusun kalimat dalam bahasa Korea yang bisa dibantu dengan aplikasi Papago untuk cek susunan kalimat kamu sudah benar atau belum. Cara lainnya tentu dengan rutin ikutin kuis-kuis belajar bahasa Korea dari akun Nadia Aisyah, ya. Kalau sudah jago sampai step ini, dijamin kamu bisa menebak arti dari bahasa Korea yang diucapkan tokoh drama favorit kamu, juga, lo!

Rutinitas Harian

Jadikan Step 1-4 sebagai rutinitas harianmu, mininal 5-15 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal. Ingat, tidak ada usaha yang menghianati hasil!

Masih bingung? Cek juga highlight instagramnya di @anadiaasiyah dan silakan langsung dicoba ya. Siapa tahu selanjutnya kamu yang bisa fasih berbahasa Korea hanya dalam satu bulan. Semangat!

Sumber foto: Akun instagram @anadiaasiyah
Sumber foto: Akun instagram @anadiaasiyah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x