Mohon tunggu...
Radex Nugraho
Radex Nugraho Mohon Tunggu... Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Kamus Mandarin HSK5 Bahasa Indonesia

31 Desember 2020   04:46 Diperbarui: 31 Desember 2020   04:47 436 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kamus Mandarin HSK5 Bahasa Indonesia
dokumentasi pribadi

Bahasa Mandarin adalah bahasa tersulit di dunia!

Pernyataan diatas ini adalah keluhan dari banyak orang yang belajar mandarin. Setelah di telusuri, mengapa bahasa mandarin sulit, ada beberapa hal yang mendasari pernyataan tersebut. Pertama adalah karena ada logatnya, sedangkan di bahasa indonesia tidak ada logatnya, yang ada logat adalah logat daerah. Kesulitan kedua terletak pada tulisannya. Tulisannya seperti tulisan cacing dan tulisan dokter, tidak bisa di baca dan di omongkan. Hal ini wajar karena kita belajar aksara baru, yaitu aksara mandarin. Ini seperti kita belajar hanacaraka dalam bahasa jawa, not nada dalam musik, dan membaca aksara arab dalam alquran. Ketiga adalah saya tidak bisa berbahasa Inggris. Lho, kok Inggris? bukan mandarin? Ternyata usut punya usut, sebagian besar kamus elektronik mandarin menggunakan bahasa Inggris, dan hanya sedikit yang berbahasa indonesia. Hal ini menambah kebingungan bagi pelajar yang bahasa inggrisnya terbatas atau tidak dapat berbahasa inggris sama sekali. Sehingga apa yang di pelajari harus di terjemahkan dahulu ke bahasa inggris dan kemudian di terjemahkan dalam bahasa indonesia. 

Kamus Mandarin HSK5 Bahasa Indonesia

Kosakata HSK 5 adalah kosakata tingkat menengah bagi pelajar mandarin, terdapat 1300 kosakata, yang terdiri dari guratan, arti dan suara. Penulis mencoba untuk merangkainya menjadi satu dalam satu buku yang terdiri dari 43 bagian. Untuk bagian demi bagian akan penulis upload linknya di halaman ini, namun jika oleh redaksi kompasiana di edit linknya di hilangkan, silahkan untuk berkontar atau menghubungi penulis lewat pesan langsung di kompasiana ini. Semoga kamus yang penulis susun ini dapat menjadi berkat bagi bangsa Indonesia dan mempermudah banyak orang dalam belajar mandarin. 

Bagian 1 dapat di unduh di link ini

Bagian 2 dapat di unduh di link ini

Bagian 3 dapat di unduh di link ini

Bagian 4 dapat di unduh di link ini

Bagian 5 dapat di unduh di link ini

Bagian 6 dapat di unduh di link ini

Bagian 7 dapat di unduh di link ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN