Mohon tunggu...
Radex Nugraho
Radex Nugraho Mohon Tunggu... Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Panduan Mesin Absensi Tiongkok MR620

23 Januari 2020   11:52 Diperbarui: 23 Januari 2020   12:05 12 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi semua perusahaan, kedatangan dan kepulangan serta absensi karyawan merupakan hal yang penting, karena menentukan bagaimana penilaian kinerja karyawan dan penentuan gaji serta bonus. Jika melihat dan mendata secara manual, maka waktu dan tenaga yang dikeluarkan tidaklah sedikit, harus melihat catatan demi catatan, serta menunggu saat datang istirahat dan pulang. Untuk itu perusahaan berinvestasi pada pembelian mesin pencatat absensi karyawan, sehingga pemilik perusahaan tidak perlu berdiri di depan jam saat karyawan datang dan pulang bekerja, tidak perlu menegur jika terlambat, dan tidak sungkan dalam memotong gaji.  semua sudah otomatis dikerjakan oleh mesin pencatat absensi karyawan.

Walaupun banyak perusahaan melirik mesin pencatat absensi karyawan buatan Tiongkok, karena mesin pencatat buatan Negara Negara eropa dan amerika memiliki harga yang lumayan tinggi, sedangkan untuk mesin buatan Tiongkok, dengan mutu yang sama, memberikan harga yang lebih rendah dan ringan, performa yang baik, dan kehandalan yang teruji, namun setelah mereka membeli alat pencatat absensi karyawan buatan Tiongkok ini, maka perusahaan melihat tidak adanyanya buku petunjuk untuk mengoperasikan. Kebanyakan mesin absensi karyawan buatan Tiongkok ini tidak memiliki buku panduan sama sekali, dan  jika ada buku panduannya, maka buku panduan yang ada tidaklah tertulis dalam Bahasa Indonesia, melainkan dalam Bahasa mandarin.

Selain tidak ada buku panduan atau adanya buku panduan yang ditulis dalam Bahasa mandarin, masalah lain yang timbul adalah saat hendak mengoperasikan alat pencatat absensi buatan Tiongkok ini, software didalamnya tidak menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris, melainkan Bahasa mandarin, ini merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan yang tidak memiliki penerjemah mandarin dan tenaga IT untuk mengulik software alat pencatat absensi buatan Tiongkok ini.  Penulisan software dalam Bahasa mandarin ini dikarenakan karena kecintaan rakyat Tiongkok akan Bahasa nya  sendiri, atau memang tidak ada SDM perusahaan yang mampu berbahasa Indonesia ataupun inggris.

Penulis mencoba membuat panduan alat pencatat absensi buatan Tiongkok ini dalam Bahasa Indonesia. Bagi pembeli alat absensi karyawan buatan Tiongkok yang tidak dapat menggunakan alat ini karena kendala Bahasa, semoga panduan ini bisa menjadi jembatan untuk menggunakan alat tersebut. Bagi yang ragu ragu hendak membeli alat pencatat absensi karyawan buatan Tiongkok karena kendala Bahasa, semoga panduan ini bisa menghilangkan keraguan. Dan bagi perusaahaan yang hendak membeli alat pencatat absensi karyawan buatan Tiongkok ini, semoga panduan alat pencatat absensi buatan Tiongkok ini bisa jadi pertimbangan.

Panduan ini dibuat untuk tipe MR 620 tetapi di panduan ini saya menyertakan tulisan mandarin beserta artinya, sehingga jika tulisannya sama maka artinya dapat diketahui walaupun versi alatnya beda.

Semoga menjadi rejeki/ berkat pembaca semua dan bermanfaat.

Silahkan mengunduh panduannya di halaman google drive berikut ini

Sumber gambar diambil dari link ini

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x