Mohon tunggu...
Radex Nugraho
Radex Nugraho Mohon Tunggu... Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Selanjutnya

Tutup

Muda

Sekilas Belajar Mandarin

18 Agustus 2016   08:26 Diperbarui: 18 Agustus 2016   08:39 96 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekilas Belajar Mandarin
Sumber: www.fiverr.com

Mandarin, apakah mudah?

Kebanyakan orang akan mengatakan, jika belajar mandarin 3000 hanzi adalah mudah, tinggal menghafalkan 10 karakter perhari maka setahun akan menghafalkan 3000 karakter, yang tidak mereka sadari adalah dalam 1 karakter, terdapat gambar, suara, penulisan alfabet dan arti, maka sebenarnya saat orang belajar 3000 hanzi, sebenarnya mereka menghafalkan 12000 hal. Belum termasuk cara penggoresan, penggabungan, suku kata, kosakata, tata bahasa peribahasa serta sejarah budaya.

Ambil contoh 爱, karakter ini berarti cinta penulisan alfabet ài dan dibaca seperti Thailand tanpa h, jika ada 5 nada, maka dibaca dari nada 5 ke nada 3, turun 2 nada.

contoh kedua adalah 上, karakter ini memiliki sekitar 25 arti, jika dibaca dengan cara membaca shanghai,  ada 5 nada, dibaca dari nada 5 ke nada 3, turun 2 nada, maka salah satu artinya adalah jatuh. penulisan alfabetnya adalah shàng.

Jika kita menggabungkan dua karakter ini 爱上 maka akan berarti jatuh cinta, Nah, ini belum 2998 karakter yang lain, belum cara penulisannya, belum penggabungan masing masing suku kata, kosakata, tata bahasa peribahasa serta sejarah budayanya,

Jika kita belajar bahasa inggris, maka kita belajarnya lebih sederhana, kita menghafal kosakata, tata bahasa dan cara pembacaan, kita tidak perlu menghafal gambar karena bahasa inggris menggunakan alfabet, kita tidak perlu menghafal penggoresan, kita juga tidak perlu menitik beratkan pada nada, dibaca dengan nada tinggi ke rendah atau rendah ke tinggi pun artinya sama, dibaca dengan logat jawa dan batak pun juga sama, bahasa inggris tidak terlalu memerlukan mengerti sejarah budaya juga, berbeda dengan mandarin yang lebih baik memahami 5 unsur dan kebudayaan mandarin agar mengerti maksudnya.

Jadi gambaran belajar mandarin itu seperti belajar bahasa inggris logat inggris tanpa alfabet namun menggunakan gambar.

Mudah atau sulit belajar mandarin? 

jika saya ditanya hal ini, saya akan balik bertanya , apakah anda suka menyanyi? Jika anda suka menyanyi maka untuk belajar mandarin akan lebih mudah, karena dasar dari mandarin adalah meniru serta menghafal lirik, Mendengar orang berbicara dan meniru dengan nada yang sama,. Tidak dapat fals. Jika anda tidak suka menyanyi, maka anda perlu belajar menyanyi sembari belajar mandarin. Ini seperti belajar mengaji, Pelan pelan pasti bisa. jadi orang Tionghua itu sebenarnya saat berbicara, mereka seperti berbalas balasan menyanyi, karena sudah tahu liriknya tidak memikirkan artinya, paham tanpa dipikir lagi. Banyak orang bertanya, bagaimana orang mandarin dapat berkata bahasa yang demikian aneh dengan demikian cepat? itu karena mereka sebenarnya menyanyi bersaut sahutan lirik dan tidak berbicara .

Pertanyaan kedua adalah apakah anda suka untuk menggambar? mandarin tidak mengenal alfabet, mereka menulis surat dengan gambar, jika anda suka menggambar maka belajar mandarin akan lebih mudah, karena anda akan belajar menggambar 3000 gambar.. Jika anda tidak suka menggambar, maka sembari belajar mandarin anda perlu belajar menggambar, agar lebih dapat memahami. Apakah anda suka filsafat? Karena didalam setiap gambar karakter mandarin terdapat filsafat, maka orang yang menyukai filsafat akan lebih mudah memahami mandarin dibanding dengan orang yang tidak menyukai filsafat.

Pertanyaan terakhir adalah, apakah anda bersedia menikah dengan mandarin? Menjadikannya bagian hidup anda, dan terus bersamanya sampai hayat memisahkan? ini sebenarnya sedikit aneh pertanyaannya, tetapi untuk menguasai mandarin, seseorang haruslah menggunakan bahasa tersebut terus menerus, 24 jam sehari, 30 hari sebulan, 12 bulan setahun, dan seumur hidupnya, membaca dengan mandarin, menulis mandarin, berkata mandarin, dan berpikir tata bahasa mandarin, barulah dia bisa menguasai mandarin. Jika anda menikah dengan seseorang, maka setiap kesulitan adalah tantangan untuk diatasi, anda akan cari cara untuk mengatasinya karena itu penting untuk anda, namun jika sudah tidak ada cinta, maka anda akan cari cari alasan untuk berpisah, hal sedikit saja akan dijadikan alasan untuk berpisah, Mencintai mandarin penting untuk menguasai mandarin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x