Mohon tunggu...
Radityo Hendro Prakoso
Radityo Hendro Prakoso Mohon Tunggu... Penikmat Senja

Suka dengan dunia tulis-menulis sejak dari Sekolah Dasar sampai sekarang dan sampai selama-lamanya

Selanjutnya

Tutup

Digital

WhatsApp Kini Lebih Aman Berkat Fitur Fingerprint Lock

14 Agustus 2019   12:50 Diperbarui: 14 Agustus 2019   13:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
WhatsApp Kini Lebih Aman Berkat Fitur Fingerprint Lock
Fingerprint Lock via WABetaInfo

Berkirim pesan melalui SMS saat ini sudah mulai ditinggalkan, dan sebagai gantinya kita bisa menggunakan aplikasi berkirim pesan yang sudah banyak disediakan, salah satunya adalah WhatsApp. Aplikasi berkirim pesan yang satu ini bisa dibilang sangat populer karena banyak digunakan oleh orang-orang. Nah, seiring dengan kemajuan teknologi pada perangkat mobile, kali ini WhatsApp mengadirkan fitur canggih yang mungkin sudah ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna.

Fitur yang dimaksud adalah Fingerprint Lock. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut berguna untuk mengunci WhatsApp agar tidak ada orang lain yang bisa mengakses WhatsApp, dengan kata lain WhatsApp akan lebih aman dari tangan-tangan jahil. Sebenarnya fitur baru WhatsApp ini sudah hadir beberapa waktu lalu. Namun saat itu baru hadir untuk perangkat yang menjalankan iOS saja. Sementara untuk perangkat yang menjalankan OS Android, fitur baru WhatsApp tersebut masih baru sebatas versi beta, tepatnya versi beta v2.19.221.

Perlu dicatat, tidak semua perangkat Android bisa mencicipi fitur Fingerprint Lock pada aplikasi WhatsApp, karena hanya perangkat Android yang sudah berjalan pada OS Marsmallow atau versi yang lebih baru lagi yang bisa mencicipi fitur tersebut. Selain itu, tentu saja perangkat Android yang bisa mencicipi fitur Fingerprint Lock adalah perangkat yang sudah memiliki teknologi sensor sidik jari.

Fitur Fingerprint Lock tidak aktif secara otomatis, melainkan harus diaktifkan terlebih dahulu. Cara untuk mengaktifkannya juga sangat mudah, pengguna hanya harus masuk ke menu WhatsApp Settings > Account > Privacy > Fingerprint Lock. Setelah itu pengguna bisa memilih opsi "unlock with fingerprint". Lalu bagaimana jika ada panggilan WhatsApp yang masuk? Ternyata pengguna bisa langsung menerima panggilan tersebut dalam kondisi WhatsApp terkunci.

Fingerprint Lock via WABetaInfo
Fingerprint Lock via WABetaInfo

Selain itu pengguna juga bisa mengatur jeda waktu sebelum WhatsApp mengunci secara otomatis. Tidak hanya itu saja, terdapat pula opsi untuk menyembunyikan notifikasi ketika ada pesan baru yang masuk saat WhatsApp dalam kondisi terkunci.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x