Mohon tunggu...
ACHMAD CHALIFATULLOH
ACHMAD CHALIFATULLOH Mohon Tunggu... Mahasiswa Ngantuk

Seorang mahasiswa rantau di Jogja demi mencapai cita-cita

Selanjutnya

Tutup

Media

Jarimu Adalah Harimaumu

11 Juli 2019   16:45 Diperbarui: 11 Juli 2019   16:50 0 0 0 Mohon Tunggu...

Saat ini kita telah memasuki era 4.0 yang mana era ini hampir semua hal telah mampu untuk didigitalisasi. Contoh nyatanya yang cukup dekat dengan kita adalah seperti adanya layanan ojek yang berbasis online sehingga kita tak perlu susah payah  lagi untuk berjalan kaki ke pangkalan ojek terdekat. 

Atau seperti layanan pesan-antar makanan yang berbasis online, yang juga sangat memudahkan kita dalam memesan makanan tanpa takut tak adanya kendaraan yang mengantar dan kita bisa memesan hingga jangkauan yang jauh sekalipun. Semua ini merupakan digitalisasi era 4.0, semua hal yang kita lakukan akan dipermudah dengan kemajuan teknologi, dengan sebuah ponsel genggam sebagai media perantaranya. 

Namun disisi lain juga banyak hal negatif yang turut mengiringi semua manfaat tersebut, seperti kita dengan mudah memposting sesuatu kepada publik dan kita juga dengan bebas pula mengomentari postingan orang lain. Iya kalau yang kita berkomentar positif terhadap postingan orang lain, jika negatif? pasti akan dan sangat mengganggu orang lain, parahnya lagi bisa juga akan adanya pertikaian yang bakal terjadi selanjutnya. 

Untuk itu kita harus mempergunakan sosial media dengan sebijak mungkin, tanpa memposting sesuatu yang mungkin bisa menyinggung orang lain. Lebih-lebih saat jari kita akan mengomentari orang lain pastikan kita sudah memikirkannya dengan matang, apakah layak dan apakah kita sudah siap untuk menanggung semua resikonya. Karena semua hal yang telah kita share kepada publik, maka bukan milik kita lagi.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x