Mohon tunggu...
radiansyah
radiansyah Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis

Radiansyah adalah seorang penulis yang hobi menulis artike hiburan khusunya anime, manga, musik jepang, dan film/drama jepang.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Produksi Kacau! Penayangan Jujutsu Kaisen Season 2 Terancam Ditunda

16 November 2023   22:05 Diperbarui: 16 November 2023   22:14 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Produksi Kacau!, Penayangan Jujutsu Kaisen Season 2 Terancam Ditunda (jujutsukaisen.jp)

Beberapa minggu lalu, para animator dan tim produksi dari Jujutsu Kaisen Season 2 mereka seacara terbuka menyuarakan pendapatnya di media sosial terkait jadwal yang kacau di studio.

Dimana masalah ini telah meningkat secara signifikat, dan meningkatkan adanya kekhawatiran dimana penayangan dari anime Jujutsu Kaisen Season 2 terancam ditunda, jika para animator terus menolak untuk kembali bekerja dengan kondisi yang berat saat ini.

Dikutip dari anime senpai, Jujutsu Kaisen sendiri adalah salah satu anime Shonen yang sangat terkenal, dan diproduksi oleh studio MAPPA . Menyusul kesuksesan gemilan dari season pertama, season 2 ditayangkan pun perdana pada 6 Juli 2023.

Setelah debut sekuelnya, tim animasi pun mengatakan jika jadwal padat yang diperlukan untuk memproduksi Jujutsu Kaisen, yang dimana sering kali menyelesaikan episode hanya beberapa jam sebelum dijadwalkan penayangannya.

Situasi baru-baru ini berubah secara dramatis ketika pengamat industri anime Shinjiro Egawa memposting tweet yang provokatif, diman dai menekan animator studio MAPPA untuk melepas kartu tugas mereka saat keluar dari studio tersebut.

Tweet ajakan Shinjiro Egawa untuk melepas kartu tugas (animesenpai.net)
Tweet ajakan Shinjiro Egawa untuk melepas kartu tugas (animesenpai.net)
Sementara itu, Arai Kazuto, yang merupakan direktur Jujutsu Kaisen Season 2, dia mengungkapkan rasa frustasinya mengenai kondisi kerja di MAPPA.

Ookube Shunsuke, yang merupakan sutradara lain yang bertugas untuk Jujutsu Kaisen Season 2, dia memposting gambar yang menyedihkan berasal dari anime Shirobako, yang dimana menggambarkan seorang animator yang berada dalam situasi yang mengancam jiwanya.

Shirobako sendiri adalah anime mengenai industri anime yang dimana berfokus pada jadwal padat yang harus dijalani oleh para animator.

Postingan dengan karakter di aniem Shirobako (animesenpai.net)
Postingan dengan karakter di aniem Shirobako (animesenpai.net)
Keluhan lainnya juga muncul dari Tsuchigami Itsuki, yang dimana dia adalah seorang animator untuk Jujutsu Kaisen, dimana menggarisbawahi masalah yang sedang dihadapi oleh para sejak Jujutsu Kaisen Season 2 mulai ditayangkan. Dengan adanya penghapusan tweet tertentu di Twitter mengsyaratkan adanya keseriusan dari masa ini, dan mungkin saja menunjukkan adanya potensi krisis yang terjadi di Studio MAPPA.

Dampak pada Jujutsu Kaisen 

Gojo di Jujutsu Kaisen Season 2 (jujutsukaisen.jp)
Gojo di Jujutsu Kaisen Season 2 (jujutsukaisen.jp)
Sementara itu, masa depan dari Jujutsu Kaisen Season 2 tergantung pada perkembangan terkini. Sudah menjadi rahasia umum jika produksi anime beroperasi dengan jadwal yang begitu pada, dimana hal ini sebuah hal normal di industri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun