Beban kerja yang lebih banyak dari biasanya, atau tuntutan lembur  yang tak menentu, acap kali membuat kita terpaksa harus mengerjakannya  di luar kantor. Atau untuk yang tipe mandiri memilih untuk  mengerjakannya di rumah. Kalau kita langsung membuat ruang kerja tanpa merencanakan desain dan  tata ruangnya, kita tidak akan mendapatkan kenyamanan bekerja  sepenuhnya. Dan pastinya gak mau dong kerja di rumah justru jadi semakin  tidak nyaman karena ruangan dan meja kerja yang tidak tertata.Â
Tips-tips berikut bisa kamu coba untuk tata ruang kerja pribadi yang  dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan jadi lebih semangat.
1. Pemilihan RuanganÂ
Pilihlah ruangan dengan area yang luas, pastikan juga terdapat  jendela untuk pencahayaan dan ventilasi untuk sirkulasi udara. Akan  lebih baik jika sudah ada sambungan listrik dan telepon.
2. Penambahan Ruangan Sesuai BudgetÂ
 Jika budgetmu mencukupi, kamu bisa membangun ruangan tambahan atau  loteng, serta kamu bisa mendekor ulang garasi. Jika budget dirasa tidak  mencukupi, gunakan saja ruangan yang sudah ada.
3. Pisahkan Ruangan KerjaÂ
Alangkah baiknya jika ruangan kerja berada terpisah dari  ruangan-ruangan lain, atau dibuat jaraknya agak jauh untuk meminimalisir  gangguan seperti suara-suara bising.
4. Layout Meja dan Ruang KerjaÂ
Rencanakan peletakan barang-barang kebutuhan pekerjaan pada ruangan kerja sedemikian rupa agar lebih terorganisir.
5. FurnitureÂ
Pilihlah furniture yang nyaman baik dari ukuran, bahan maupun daya  tahannya. Pastinya akan sangat menjengkelkan jika kita sakit, terluka,  atau jadi pusing karena furniture yang kita pakai tidak nyaman.
6. Beri Sentuhan PribadiÂ
Berikan sedikit sentuhan pribadi pada beberapa elemen di ruang kerja.  Bisa berupa benda-benda favorit seperti foto, benda koleksi, aquarium maupun alat musik sehingga dapat menambah semangat dan merangsang  kreativitas.