Mohon tunggu...
Raden Abiyu Alva
Raden Abiyu Alva Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Diponegoro yang ingin Indonesia menjadi negara yang lebih bersih dengan pengolahan sampah yang optimal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UNDIP Mempublikasikan Pura Sonosewu sebagai Salah Satu Lokal Branding Desa Wirun

14 Agustus 2022   16:00 Diperbarui: 14 Agustus 2022   16:02 100 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi kegiatan wawancara bersama Bapak Leo Kjartan di Pura Sonosewu

Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo (11/08/2022) -- KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh Perguruan Tinggi agar mahasiswa dapat menghadapai permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat serta agar dapat membaur dengan masyarakat yang dituju. Sebagian besar perguruan tinggi yang ada di Indonesia pasti akan mengadakan KKN bagi para mahasiswanya. Salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu Universitas Diponegoro juga mengadakan KKN bagi para mahasiswanya agar mereka nantinya setelah lulus dari perguruan tinggi diharapkan bisa beradaptasi dengan lingkungan masyarakat yang akan menanti mereka. Dari banyaknya tempat yang dituju oleh berbagai kelompok KKN, salah satunya bertempat di Desa Wirun.
Desa Wirun adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Desa Wirun sendiri memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Dari situ, masing-masing mahasiswa akan membuat program kerja monodisiplin yang nantinya akan digunakan dalam pengembangan potensi daerah. Salah satu potensi yang ada di Desa Wirun adalah Pura Sonosewu. 

Penampakan bagian dalam Pura Sonosewu 
Penampakan bagian dalam Pura Sonosewu 

Pura Sonosewu adalah salah satu destinasi wisata budaya yang berada di Desa Wirun. Pura ini berada di bawah Yayasan Sahasra Adhi Pura. Saat ini, Ketua I dari Yayasan Sahasra Adhi Pura adalah Bapak Leo Kjartan. Menurut beliau, Pura Sonosewu merupakan tempat yang sudah ada sejak tahun 1992 dan digunakan untuk beribadah. Sebelumnya, Ia beserta para pengurus Pura mengikuti jejak dari R. Hardjanto Projopangarso. Sebelum Hardjanto meninggal, ia menitipi pesan untuk membangun Pura di sebuah lahan di daerah Desa Wirun. Sampai sekarang, Pura masih menjalankan kegiatan mereka sehari-hari seperti beribadah, dan lain-lain. 

Bangunan-bangunan yang ada di Pura Sonosewu berisikan miniatur dari berbagai bangunan ternama di seluruh dunia 
Bangunan-bangunan yang ada di Pura Sonosewu berisikan miniatur dari berbagai bangunan ternama di seluruh dunia 

Setelah berkunjung ke Kawasan Pura Sonosewu, mahasiswa KKN UNDIP melihat bahwa publikasi Pura ke masyarakat luas sangatlah minim. Masih banyak masyarakat lokal yang belum mengetahui tentang bagaimana keadaan Pura Sonosewu, kegiatan sehari-hari, dan lain-lain. Maka dari itu, mahasiswa mencoba membuat video dokumenter tentang Pura Sonosewu agar dapat lebih dikenal masyarakat lokal dan masyarakat luar. 

double-thumbsup-62f8b8703555e4218f1533a2.jpg
double-thumbsup-62f8b8703555e4218f1533a2.jpg
Foto mahasiswa KKN Regular Tim II UNDIP bersama dengan Bapak Leo Kjartan

Pembuatan video dimulai dengan pengambilan footage atau video mentah di Kawasan Pura Sonosewu. Langkah selanjutnya adalah wawancara yang diadakan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 dengan narasumber Bapak Kjartan. Setelah wawancara, mahasiswa mengedit video yang nantinya akan menjadi video jadi dan dikirim ke media sosial KKN UNDIP WIRUN 2022, Pemerintah Desa Wirun, dan Pura Sonosewu. Dengan demikian, masayarakat luas akan mengenal Pura Sonosewu sebagai salah satu lokal branding yang ada di Desa Wirun.

Penulis: Bonifasius Septian Adhi Nugroho
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM., MA

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan