Mohon tunggu...
Rachma wati
Rachma wati Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan SMP Fastabiqul Khairat

Saya adalah seorang pustakawan dan pegiat literasi yang juga founder TBM Iqro yang berada di pinggiran kota samarinda bernama Lempake. hobi saya menulis dan menebar lebih banyak kebaikan melalui dunia literasi. saya adalah Finalis Pustakawan berprestasi Tahun 2019 oleh Perpustakaan Nasional dan Pengelola TBM Kreatif dan Rekreatif tahun 2021 oleh Kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Kertas Berwarna sebagai Penguatan Gerakan Literasi

30 November 2022   07:02 Diperbarui: 1 Desember 2022   06:48 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kertas Berwarna adalah salah satu upaya kreatif di TBM Iqro untuk menyemai dan menguatkan budaya literasi masyarakat melalui Kertas Berwarna, Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, Kertas Berwarna memiliki sasaran gerakan pada progam yang sudah berjalan di TBM Iqro serta membuka ruang baru dengan cara melakukan kerjasama dengan komunitas literasi lainnya.

Melalui kelas ini muncul harapan, tumbuhnya karakter gemar membaca, tumbuhnya kebiasaan membaca, tumbuhnya kemampuan mendongeng, tumbuhnya kemampuan cinta budaya lokal melalui tari serta terjalinnya kerjasama dan kemandirian melalui permainan. Selain itu, melalui Kertas Berwarna berdampak pada tumbuhnya karakter baik lainnya.

Adapun prosedur yang ditempuh dalam pelaksanaan Kertas Berwarna seperti gambar berikut :

Langkah-langkah tesebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Menentukan jenis kegiatan. Pengelola dan relawan berembuk menentukan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Jenis kegiatan tersebut disesuaikan dengan sasaran Kertas Berwarna .

Langkah berikutnya adalah koordinasi. Koordinasi dilakukan dengan sasaran kegiatan Kertas Berwarna, diantaranya dengan anggota TBM Iqro, dan Masyarakat di kampung.

Penjadwalan disesuaikan dengan kesiapan relawan dan Lembaga. Kami mencari waktu yang sama untuk melakukan kegiatan, karena relawan TBM Iqro   datang dari berbagai kalangan dan profesi sehingga perlu ada pencocokan jadwal bersama.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai dengan sasaran kegiatan, jenis kegiatan dan waktu yang sudah disepakati bersama.

Untuk memperbaiki kegiatan-kegiatan berikutnya, maka kami selaku relawan melakukan evaluasi kegiatan agar output yang diharapkan dapat terukur. Dampak dari kegiatanpun dievaluasi sehingga dampak bisa dirasakan oleh berbagai pihak.

Jenis-jenis kegiatan yang ada dalam Kertas Berwarna sebagai upaya penguatan karakter gemar membaca untuk membangun budaya literasi dan masyarakat pembelajar di Samarinda  digambarkan sebagai berikut: Menari, Puisi, Mendongeng, Bermusik, Ulat Buku dan LEMPER, permainan tradisional, workshop kreatifitas, workshop IT dan Lomba hari besar nasional.

Dalam praktiknya Kertas Berwarna adalah memanfaatkan seluruh media yang tersedia pada TBM Iqro berupa buku bacaan untuk menumbuhkan karakter gemar membaca, sehingga dapat dijelaskan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan dongeng yang bermuara pada upaya menumbuhkan karakter gemar membaca serta budaya literasi dimasyarakat. Sasaran dan kegiatan Kertas Berwarna digambarkan dalam tabel di bawah ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun