Teringat sekitar 10 tahun yang lalu, saat saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, setiap kali pergi ke toko buku, yang saya tuju adalah rak buku yang menjual komik. Kenapa? Bagi saya, tampilan buku komik itu sangat menghibur dan menjadi penawar kalau lagi stres dengan kegiatan rutinitas sekolah.
Berbicara mengenai buku komik yang sangat digandrungi anak-anak remaja pada umumnya, salah satu penerbit komik kenamaan Indonesia yakni m&c! baru-baru ini tepatnya kemarin tanggal 17 mei 2016 menginjak usianya yang ke-13 tahun. Ya, penerbit m&c! yang merupakan salah satu unit bisnis dari Kompas Gramedia Group ini genap memasuki usia ke-13 tahun. dengan  mengangkat tema Everyday Youth, yang menjadi representasi harapan baik kru dan pembaca m&c! tetap berjiwa muda, selalu enerjik dan terus menelurkan ide-ide yang fresh, inovatif dan kreatif.
Tahun ini, penerbit m&c! merayakan semangat ulang tahun dengan berbagi keceriaan, salah satunya adalah kegiatan #BagiKomik di kantin gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat dengan mengundang cosplayer dan membagikan komik secara gratis kepada para karyawan Kompas Gramedia yang makan siang pada tanggal 17 Mei 2016. Kegiatan lainnya adalah m&c! Goes to School berisi #KelasProfesi yang berisi pengenalan profesi di penerbitan, lomba mewarnai, lomba membuat kolase, workshop komik, talkshow dengan tema pengaturan uang saku di sekolah Regina Caeli yang akan diadakan  9 Juni 2016.
Pada logo ke-13 m&c! terdapat tokoh yang menjadi maskot bernama Eve yang membawa balon ulang tahun ke-13. Eve digambarkan sebagai anak perempuan yang ceria dan selalu bahagia, juga berjiwa muda.
Menurut berbagai info yang saya baca, m&c! adalah singkatan dari Magazine and Comic. Dahulu penerbit m&c! hanya menerbitkan komik-komik seperti komik Donald Bebek, Komik Disney, Paman Gober, dan komik-komik Hongkong. Seiring perkembangan, dewasa ini m&c! menerbitkan pula buku-buku manga (Jepang), Korea, Indonesia, Amerika dan Eropa. Dulu, m&c! merupakan unit komik dari kelompok Gramedia Majalah (Group of Magazine) tetapi sekarang, m&c sudah merupakan unit tersendiri bernama Komik Majalah yang tetap bernaung di bawah Kompas Gramedia Group, yang juga bersaing dengan Elex Media Komputindo yang notabenenya adalah salah satu penerbit komik ternama di Indonesia.
Kemudian, saya sempat bertanya-tanya kepada redaksi m&c!. Saya melakukan wawancara singkat terkait dengan ulang tahun m&c! yang ke-13 ini. Menurut mereka, dalam 13 tahun perjalanan menjadi salah satu penerbit komik ternama di Indonesia ini, tentunya m&c! mempunyai suka dan duka. Suka dukanya adalah, Suka duka dalam menerbitkan komik, sukanya kalau komik yang dipilih diterima oleh pembaca dan bisa memberi nilai positif untuk pembaca juga dianggap sebagai penerbit komik yang 'children friendly' (tidak memberi pengaruh buruk pada anak- anak). Dukanya, ketika kami tidak bisa memenuhi harapan pembaca, seperti, keteraturan jadwal terbit dan judul- judul terkenal yang diminati tidak bisa diterbitkan.
Komik yang paling Laris Dibeli
Dalam perjalanan m&c! yang telah menginjak usia ke-13 tahun ini, di samping mempunyai suka dan duka, juga tercatat beberapa komik-komik terbitan m&c! yang menjadi komik paling laris dibeli konsumen. Ternyata untuk remaja putri lebih suka dengan tema kehidupan sehari- hari yang menyentuh sisi kehidupan mereka dan komik yang paling laris dibeli adalah komik 'Hai Miiko' sedangkan untuk remaja putra, komik yang paling laris dibeli adalah cerita-cerita tentang petualangan dan aksi seperti: Death Note, Bakuman, Shanaou Yoshitsune, dan Bleach.
Salam Kompasiana!