Mohon tunggu...
Rachmah Dewi
Rachmah Dewi Mohon Tunggu... Penulis - DEW | Jakarta | Books Author | Certified Content Writer and Copywriter

Books Author | Certified Content Writer and Copywriter | Email: dhewieyess75@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Bukti Dunia Semakin Kreatif dengan Memodifikasi Camilan Kerupuk

6 September 2017   12:22 Diperbarui: 17 September 2017   06:37 2497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Camilan kerupuk yang dimodifikasi oleh Capsul Crunch | Sumber: Instagram Capsul Crunch

Dunia Entrepreneur di Indonesia dewasa ini sudah semakin beragam. Produk-produk yang ditawarkan oleh para pelaku wirausaha semakin bervariasi. Seiring dengan perkembangan era digital, pelaku wirausaha banyak menjual produk-produk yang berbeda dan unik, atau bahasa lainnya adalah produk-produk yang keikinian.

Menurut saya, pelaku wirausaha adalah profesi yang patut diacungi jempol. Kenapa? Karena mereka benar-benar bekerja keras dan berjibaku untuk membangun bisnisnya dari nol. Tentu, menekuni dunia wirausaha bukan hal yang mudah. Saya jadi teringat mata kuliah ketika saya kuliah dulu, yakni manajemen pemasaran, di mana dosen saya berkata: "Kalau kamu mau menekuni dunia wirausaha, harus kreatif dan harus selalu up to date dengan pangsa pasar terkini."

Beberapa teman saya, banyak pula yang menjadi Entrepreneur. Dan lini bisnis mereka macam-macam. Ada yang berjualan pakaian, berjualan hijab, berjualan pulsa, serta berjualan snack (makanan ringan).

Baru-baru ini, saya mendapat cerita dari salah seorang teman saya yang berprofesi sebagai wiraswasta. Teman saya menjual produk berupa snack (makanan ringan). Bukan keripik, melainkan kerupuk. Dari hasil kreativitasnyalah kerupuk bisa dimodifikasi menjadi camilan yang kekinian dan unik.

Yang biasa kita ketahui di luaran sana, bahwa model kerupuk hanya begitu-begitu saja dengan rasa yang juga begitu-begitu saja, kan? Nah berawal dari itulah, teman saya ini, mengembangkan kerupuk menjadi camilan yang moderen serta kekinian yang bisa disukai oleh semua kalangan. Tak hanya disukai, bahkan untuk di-posting di sosial media seperti instagram dan facebook juga keren.

Saya bertanya kepada teman saya, perihal bagaimana berdirinya usaha ini. Nama usaha makanan ringan ini adalah Capsul Crunch. Dari namanya menurut saya sangat unik. Teman saya yang merupakan CEO Capsul Crunch ini bercerita bahwa, Capsul Crunch merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang penjualan makanan ringan, makanan yang dijual merupakan makanan kerupuk tradisional Indonesia, di mana perbedaan nya dengan kerupuk pada umumnya adalah kerupuk yang memberikan sensasi rasa yang bikin ketagihan, karena kerupuk Capsul Crunch di olah dengan bumbu khas Capsul Crunch dengan metode yang modern.

Lebih lanjut, teman saya ini bercerita bahwa Usaha Capsul Crunch sendiri berdiri pada tanggal 01 Oktober 2015, di mana pada saat itu hanya dimulai dari sebuah obrolan kecil antara founder dan seorang kawan nya yang juga pada saat itu sudah membangun usaha terlebih dahulu, maka dari itu founder dari Capsul Crunch pada saat itu juga ingin membangun sebuah usaha agar dapat mengembangkan perekonomian khususnya untuk di wilayah tempat tinggalnya.

Capsul Crunch yang bisa jadi teman pendamping makan | Sumber: Instagram Capsul Crunch
Capsul Crunch yang bisa jadi teman pendamping makan | Sumber: Instagram Capsul Crunch
Alasan kenapa founder dari Capsul Crunch membangun usaha tersebut adalah karena tidak adanya keinginan bekerja setelah lulus dari masa-masa kuliah, sebab membuka usaha lebih menyenangkan karena bisa berbaur dengan banyak orang dan bisa menambah relasi terhadap para pelaku usaha. Maka dari itu founder dari Capsul Crunch lebih cenderung ingin mengembangkan usaha yang dapat membanggakan banyak orang terutama orang tua.

Dan ternyata, latar belakang usaha Capsul Crunch ini dibentuk adalah karena orang tua dari founder Capsul Crunch sendiri juga memang sudah menjalani usaha selama puluhan tahun di bidang penjualan kerupuk, jadi founder Capsul Crunch ingin membantu mengembangkan usaha orang tua nya dari ranah pasar yang berbeda, lebih kepada pasar yang luas dan dapat mencakup pasar di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar Indonesia.

Menekuni dunia wirausaha, pasti tidak lepas dari yang namanya pesaing. Karena pesaing itu pasti selalu ada. Oleh karena itu, saya bertanya lagi ke teman saya tersebut "apa sih yang membedakan usaha Capsul Crunch ini dengan usaha makanan ringan yang begitu banyak di luar sana?" kemudian teman saya lanjut menceritakan, dilihat dari produk Capsul Crunch itu sendiri pastinya ada yang membuat Capsul Crunch lebih diminati oleh banyak kalangan, karena Capsul Crunch sendiri adalah sebuah produk dengan dasar kerupuk, kenapa banyak diminati?

Karena dilihat dari kultur orang Indonesia merupakan orang-orang yang sangat menyukai kerupuk pada saat ingin makan ataupun pada saat kondisi kumpul bareng orang-orang terdekat, tidak hanya untuk dijadikan sebagai pendamping makan saja, kerupuk juga banyak dinikmati sebagai cemilan ataupun oleh-oleh untuk dibagikan kepada orang-orang terdekat. Capsul Crunch juga lebih menjurus kepada kerupuk yang lebih modern, apa sih yang lebih membuat modern? Pertama, dilihat dari sisi kemasan, Kedua dari sisi Branding Nama, Ketiga dilihat dari sisi cara menikmati kerupuk yang modern, akan menambah keceriaan tersendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun