Mohon tunggu...
Rachmah Dewi
Rachmah Dewi Mohon Tunggu... DEW | Jakarta | Indonesian Content writer & Copywriter

Books Author | Content & Copywriter | I'm write based on my experience | Email: dhewieyess75@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

47 Tahun Toko Buku Gramedia yang Semakin Eksis

2 Februari 2017   11:19 Diperbarui: 2 Februari 2017   16:06 0 11 7 Mohon Tunggu...
47 Tahun Toko Buku Gramedia yang Semakin Eksis
Toko buku gramedia matraman yang merupakan toko buku terbesar se-Asia tenggara | Sumber: vivalog

Tepat hari ini, 2 Februari 2017, toko buku Gramedia memasuki hari jadinya yang ke-47. Angka 47 tahun untuk sebuah toko buku merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Selama 47 tahun, toko buku (yang merupakan jaringan toko buku terbesar dan terkenal seantero negeri) ini hadir menemani kita semua, para pencinta buku.

Setiap orang yang mengenal toko buku Gramedia selama 47 tahun ini, pastilah mempunyai cerita berkesan dengannya. saya pun demikian, sejak kecil mulai dari bangku taman kanak-kanak mulai diperkenalkan ibu saya untuk membeli buku di toko buku Gramedia. Rasanya kurang afdhol saja bagi saya, apabila mencari buku atau perlengkapan sekolah dan kuliah jika belum menyambangi toko buku Gramedia.

Sekilas Berdirinya Toko Buku Gramedia
Menurut info yang saya pernah baca, toko buku Gramedia pertama kali berdiri pada tanggal 2 Februari 1970. Pernah mendengar ungkapan 'mulailah dari yang kecil dahulu'? Tampaknya ungkapan itu sangat tepat ditujukan untuk toko buku Gramedia. Di mana awal mula berdirinya toko buku ini adalah sebuah toko yang berukuran 25 meter persegi yang terletak di daerah Gadjah Mada, Jakarta Barat. Toko buku yang bernaung di bawah perusahaan Kompas Gramedia Group ini memulai perjuangannya dalam bisnis penjualan hasil karya tulis dari orang-orang.

Di awal berdiri, Gramedia hanya fokus pada penjualan buku-buku saja, tetapi seperti yang kita lihat sekarang, Gramedia tidak hanya fokus pada penjualan buku, namun alat-alat tulis kantor, perlengkapan sekolah, sampai alat-alat musik pun dijual di Gramedia.

Dan saat ini juga, menurut info yang saya baca, toko buku Gramedia memperluas pasar bukunya dengan menjual buku-buku hasil karya penulis luar negeri, melalui kerja samanya dengan para penerbit buku luar negeri pula. Contohnya buku fenomenal Harry Potter, yang ditulis oleh J.K Rowling ini, diterjemahkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama dan buku-bukunya sangat laris dijual di toko buku Gramedia.

Gramedia yang pertama kali berdiri terletak di daerah Gadjah Mada Jakarta Barat | Sumber: Foursquare.com
Gramedia yang pertama kali berdiri terletak di daerah Gadjah Mada Jakarta Barat | Sumber: Foursquare.com
***

Saat ini toko buku Gramedia semakin bertambah pesat pertumbuhannya. Terbukti saat ini toko buku Gramedia sudah membuka kurang lebih 100 toko penjualan buku yang tersebar di seluruh Indonesia. Sudah dari sejak awal berdirinya, toko buku Gramedia selalu menjadi pemimpin pasar. Mengapa bisa? Ya, karena toko buku Gramedia selalu memudahkan pelanggan yang hendak datang mengunjungi toko bukunya.

Toko buku Gramedia hadir di tempat-tempat strategis untuk dikunjungi pembeli. Sebagai contoh, saya paling sering mengunjungi toko buku Gramedia Matraman dan toko buku Gramedia Metropolitan Mall Bekasi. Saya senang mengunjungi toko buku Gramedia Matraman karena aksesnya gampang dijangkau, lengkap, dan pelayanannya pun memuaskan. Tak heran, toko buku Gramedia Matraman ini dinobatkan sebagai toko buku terbesar se-Asia Tenggara. Toko buku Gramedia pun menyediakan buku-buku yang sangat lengkap dan beragam. Mulai dari buku nonfiksi hingga buku fiksi. Maka dari itu seluruh keluarga saya sangat menyukai membeli buku di sini. Bagi saya dan keluarga saya, Gramedia bukan sekadar toko buku, melainkan seperti sahabat terbaik kami.

Dari berbagai sumber yang telah saya baca, awal mula berdirinya toko buku Gramedia ini adalah ketika Bapak Petrus Kanisius Ojong dan Bapak Jakob Oetama, dua tokoh pendiri Kompas Gramedia Group memilii visi dan misi untuk melakukan pengembangan dunia pendidikan masyarakat Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Selain itu, tujuan didirikannya toko buku Gramedia adalah sebagai wadah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa 'buku adalah jendela dunia' yang artinya adalah membaca buku ini sangat penting untuk meningkatkan wawasan serta ilmu pengetahuan kita. Maka dari itu, toko buku Gramedia hadir untuk memudahkan masyarakat Indonesia menambah wawasannya dari dalam maupun luar negeri tanpa harus mengunjungi atau menyaksikannya secara langsung.

Menyajikan buku-buku lengkap dan berkualitas di toko buku Gramedia | Sumber: Dokumentasi pribadi
Menyajikan buku-buku lengkap dan berkualitas di toko buku Gramedia | Sumber: Dokumentasi pribadi
buku-buku anak | sumber: dokumentasi pribadi
buku-buku anak | sumber: dokumentasi pribadi
***

Adapun penerbit-penerbit buku yang mendukung usaha toko buku Gramedia adalah: Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Penerbit Elex Media Komputindo, Penerbit komik m&c!, penerbit buku Grasindo, penerbit buku Bhuana Ilmu Populer, dan masih banyak lagi penerbit buku yang bekerja sama dengan toko buku Gramedia ini. Dan pada tahun 2002 kemarin, toko buku Gramedia resmi membuka toko buku secara online, yang bernama Gramedia.com, dan toko buku online ini disempurnakan lagi di tahun 2010 karena pesatnya pertumbuhan digital dan internet di Indonesia.

***

Sekali lagi, selamat bertambah usia ke-47 toko buku Gramedia. Terima kasih karena kau telah turut andil mencerdaskan anak-anak bangsa Indonesia dengan beragam buku yang kau jual, terima kasih telah menjadi toko buku yang paling lengkap untuk kami ketika kami sedang bingung mencari sumber referensi buku yang bagus. Teruslah berinovasi menjadi toko buku terbaik dan terdepan di negeri ini, karena hadirmu adalah sumber cahaya ilmu pengetahuan bagi kami, para pemuda-pemudi Indonesia yang masih haus akan ilmu-ilmu yang baik dan bermanfaat. (DEW)