Mohon tunggu...
R Achmad Gunawan
R Achmad Gunawan Mohon Tunggu... Mencerahkan

Historia Vitae Magistra

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ketahanan Pangan Masyarakat Melalui Program KKN UNS

10 Juli 2020   08:12 Diperbarui: 10 Juli 2020   08:00 50 0 0 Mohon Tunggu...

KKN Covid-19 UNS Batch 1 telah selesai dilaksanakan, KKN yang dilaksanakan sejak 1 Mei-19 Juni 2020 berlokasi di Jalan Durian Raya RT 003/005 Kelurahan Baranangsiang Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Kegiatan KKN ini dilaksanakan oleh Raden Achmad Gunawan dengan Dosen Pembimbing Prof. Dr. Pujiyono, S.H., M.H.

Kegiatan ini mengambil tema Ketahanan Pangan karena melihat kondisi ekonomi masyarakat yang tersendat akibat pandemi. Pemerintah dengan kebijakan PSBB membuat sebagian besar warga terpaksa melakukan WFH. Selain itu, akibat dari merosotnya ekonomi akibat dari pandemic ini berbagai perusahaan terpaksa harus gulung tikar sehingga banyak masyarakat yang dirumahkan dan juga di PHK. Pandemic yang sulit diprediksi kapan berakhirnya ini dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya rawan pangan berkepanjangan. Maka dari itu kegiatan KKN dengan tema ketahanan pangan ini menjadi harapan baru bagi warga.

Kegiatan dilaksanakan antara lain adalah pembuatan kolam ikan secara permanen yang ditaburkan bibit ikan lele sebanyak 500 ekor. Kolam ikan lele ini dibuat agar warga memiliki stok pangan cadangan dengan system kolektif. Selain itu, warga juga belajar mengenai tata cara perawatan ikan lele yang baik dan benar. Antusiasme warga sangatlah tinggi, hal ini dapat dilihat dari diberikannya lahan pribadi milik Ketua RT setempat untuk digunakan sebagai kolam ikan warga berukuran 1.5 x 2.5 meter. Merawat ikan lele menjadi menyenangkan karena berfungsi sebagai milik bersama, selain itu juga pada sore hari kolam ikan menjadi tempat bermain anak-anak.

Tidak hanya kolam ikan, mahasiswa juga melakukan sosialisasi mengenai bahan makanan pokok pengganti nasi beras, yakni nasi rasi singkong. Nasi rasi singkong dipilih karena memiliki angka kecukupan gizi yang baik untuk kesehatan manusia, selain itu juga nasi rasi singkong dapat digunakan untuk diet dan juga baik untuk dikonsumsi penderita kolesterol. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan kolam lele secara simbolis kepada warga. KKN UNS Era Covid-19 ini diharapkan dapat membantu warga dan mengurangi beban pemerintah dalam menghadapi pandemic covid-19.

VIDEO PILIHAN