Mohon tunggu...
Rachelputra Ethinarila
Rachelputra Ethinarila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Oknum mahasiswa

Akun ini di buat untuk memenuhi tugas kuliah saya , jikalau suatu saat saya di beri kesempata saya akan lebih banyak menulis lagi jadi bukan hanya tigas saja hehehe

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Progam Pembelajaran Materi Leadership

30 September 2022   17:21 Diperbarui: 30 September 2022   17:25 88 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM yang bersifat kelompok dan wajib dilakukan. Tujuan dilakukannya PMM untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, menambah pengalaman mahasiswa, serta menangani yang ada di lingkungan masyarakat.  Sesuai dengan peraturan yang berlaku di UMM, PMM dilakukan selama 30 hari yang mana terdiri dari serangkaian kegiatan untuk membantu masyarakat agar lebih sejahterah.
 

Selama turun lapangan sebagai bentuk pengabdian masyarakat, dari pihak kampus memberangkatkan mahasiswanya dalam bentuk kelompok dan gelombang  sehingga nantinya akan diterjunkan, seperti yang dilakukan kelompok 1 gelombang 9 PMM Bhaktiku Negeri yang dilaksanakan di Panti Asuhan As-Salaam Shobur. Panti Asuhan As-Salaam Shobur merupakan panti asuhan yang  terletak di Perumahan Villa Sengkaling Jl. Taman Sengkaling I B1 No. 1 Malang. Pada saat kami melakukan kunjungan, jumlah total anak yang terdaftar di dalam panti ini adalah 15 orang. Kegiatan utama yang dilaksanakan di Panti Asuhan As Salam Shobur  adalah mengaji, hafalan Al-Qur'an, belajar bahasa asing (bahasa Arab, dan bahasa Inggris).

Di Panti Asuhan, salah satu kegiatan yang kami lakukan adalah penyampaian materi berjudul "Leadership Berupa Team Work, Kepemimpinan dan Komunikasi.". Tujuan kelompok kami menyampaikan materi ini, yakni agar anak-anak panti memiliki jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab, serta mampu untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Selain itu, kami mengajarkan kepada mereka menjadi pemimpin yang baik dan pemimpin yang disiapkan, dididik, dibentuk sehingga kelak akan menjadi pemimpin melalui usaha dan ilmu serta didorong oleh kemauan sendiri. Selain menyampaikan materi, kami melakukan kegiatan kuis berupa serangkaian pertanyaan dari materi yang telah kami sampaikan. Kami juga mengajak mereka untuk melakukan praktek langsung mengenai Leadership berupa drama agar lebih memahami materi yang telah disampaikan, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk bertanya dan diskusi.

Nantinya kegiatan PMM kami ke depannya akan semakin berkembang, salah satunya adalah kegiatan penyampaian materi leadership yang kami sampaikan kepada anak-anak Panti Asuhan As-Salaam Shobur. Kemudian, kami berharap dari pemaparan yang kami sampaikan berguna bagi mereka dalam mengikuti program yang kami selenggarakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan