Mohon tunggu...
Rachel AleviaFebriani
Rachel AleviaFebriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

haii aku Rachel Alevia Febriani, hobi aku membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Logika dan Bahasa

24 November 2022   17:57 Diperbarui: 24 November 2022   18:02 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama   : Rachel Alevia Febriani

NPM    : 6092201041

Jurusan : Hubungan Internasional

Dalam mengikut Geladi Hominisasi pada tanggal 20 November 2022, pertama saya melakukan tugas pra geladi. Dalam tugas itu adalah gambaran tentang menjadi warga negara yang benar. Ketika geladi saya mendengarkan pengertian dan pemahaman tentang berlogika dan berbahasa. Saya juga tergabung dalam sebuah kelompok untuk mengerjakan dan melakukan sebuah tugas presentasi tentang tema Hari Pohon Sedunia. 

Selain berpresentasi, saya dan teman-teman kelompok juga mendengarkan presentasi kelompok-kelompok lain yang juga menarik. Hingga akhir geladi, saya mengerjakan tugas pasca geladi yang membantu saya untuk merefleksikan materi geladi dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengalaman saya mengikuti Geladi Hominisasi, saya merasa bahwa geladi ini sangat menarik. Selain karena materinya, pembawaan geladi ini sangat menarik sehingga tidak bosan dalam mengikuti Geladi Hominisasi ini. Saya merasa bahwa saya menerima pemahaman baru dari setiap pembahasan. 

Pembagian setiap peserta geladi ke dalam kelompok juga mendorong semua peserta untuk ikut berperan aktif dan menguasai materi. Selain itu juga memberikan peluang untuk para peserta berkenalan dan menambah relasi dengan orang lain lintas jurusan. Pembelajaran bukan hanya dari mendengarkan pembicara atau dosen yang menjelaskan tetapi dari keaktifan dalam geladi.

Pentingnya Kemampuan menggunakan logika dan Bahasa sangatlah penting bagi setiap diri warga negara. Dalam kehidupan sehari-hari berpikir menggunakan logika sangat penting karena logika menuntun agar tetap berpikir dan bertindak secara rasional serta dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang rasional pula. 

Dalam kehidupan warga negara di Indonesia yang pada dasarnya memiliki ragam suku, budaya, dan etnis; Bahasa sebagai salah satu alat pemersatunya. Bahasa juga menjadi salah satu alat pemecah masalah dalam salah persepsi komunikasi. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar artinya menghargai dan menghormati persatuan dan kesatuan.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi ini yakni, saya mendapatkan banyak pelajaran dari geladi ini. Geladi ini memberikan saya pemahaman tentang berpikir dengan logika dan berbahasa yang baik sebagai warga negara. 

Selain itu dalam geladi ini juga mengajarkan saya caranya berpikir kritis, berpikir kreatif diluar batasan tertentu, percaya diri dan belajar untuk tahan dibawah tekanan. Dalam geladi ini mengajarkan juga bagaimana caranya bekerjasama, mengharagai pendapat satu sama lain dan juga belajar tentang kekompakkan dalam kelompok. Geladi ini membimbing saya menjadi lebih paham tentang kehidupan berwarga dan bernegara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun