Mohon tunggu...
Keber Gayo
Keber Gayo Mohon Tunggu... Penulis - Gayo Lues

Media Informasi Terkini Seputar Kegiatan Pemerintahan, Sosial, Budaya dan Umum Lainnya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bupati Gayo Lues Resmikan Musholla Kemenag Gayo Lues

29 September 2022   08:40 Diperbarui: 29 September 2022   08:42 147 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peresmian Mushalla Kantor Kementerian Agama Gayo Lues oleh H. Muhammad Amru didampingi H. Akli, S.Ag.,MH

Blangkejeren, Prokopim.gayolues.com - Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru didampingi Kakankemenag H. Akly, S.Ag.MH dan beberapa tokoh dijajaran Kemenag Gayo Lues Kamis (29/9/22). Dalam sambutannya H. Muhammad Amru menyampaikan Atas nama Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, kami memberikan apresiasi dan selamat kepada keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gayo Lues, yang  telah dapat merampungkan pembangunan mushola ini. 

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada para semua pihak dan dermawan atau para donatur yang telah menginfaqkan sebahagian hartanya maupun tenaga dan pikirannya untuk ikut serta dalam pembangunan mushola ini, mudah-mudahan apa yang telah dilakukan, akan menjadi amal ibadah serta mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. 

Dokumen Prokopim Gayo Lues 
Dokumen Prokopim Gayo Lues 

Sebagaimana kita ketahui bersama, membangun dan memakmurkan masjid atau mushola merupakan perintah agama. Rasulullah saw telah memotivasi kita dalam sebuah hadistnya "barangsiapa membangun masjid karena Allah, akan dibangunkan Allah rumah untuknya di surga." tentu maksudnya tidak sekedar membangun fisiknya semata. 

Akan tetapi lebih jauh dari itu semua ialah membangun, menghidupkan dan memakmurkan fungsi masjid yang didirikan itu jauh lebih penting. Makanya, pemeliharaan dan pengelolaan masjid/mushola terkait dengan tiga aspek yang saling mendukung, yaitu idarah (manajemen), imarah (pengelolaan program), dan ri'ayah (pengelolaan fisik/arsitektur masjid) oleh karenanya kami berharap, keberadaan mushola di lingkungan kantor Kanmenag ini tidak hanya disediakan sekedar menyediakan fasilitas tempat melaksanakan shalat berjama'ah bagi para pegawai dan pengunjung, akan tetapi hendaknya juga berfungsi sebagai wadah pendidikan dalam rangka mendidik para kader-kader ummat yang akan mengisi berbagai tempat dalam pembangunan bangsa ,negara dan agama dimasa hadapan. 

Kami yakin, dengan keberadaan mushola ini, kedepannya akan dapat membawa misi guna menciptakan manusia-manusia yang disebut dalam Alqur'an sebagai Ulul Albab yaitu orang-orang yang mempunyai kejernihan hati dan ketajaman pikiran sehingga mampu menangkap ayat-ayat Allah SWT baik yang tersirat maupun yang tersurat dalam menjalani hidup kehidupan di alam semesta ini. 

Dokumen Prokopim Gayo Lues 
Dokumen Prokopim Gayo Lues 

Peran dan fungsi masjid dan mushola di tengah umat sebenarnya tidak pernah berubah dalam berbagai situasi dan kondisi umat dari dulu sampai sekarang. Akan tetapi faktor keterbatasan dan kelemahan umat islamlah yang menyebabkan tidak semua masjid dan mushola yang dibangun berfungsi lebih dari sekedar tempat ibadah. 

Untuk itu kami juga berpesan, agar keberadaan mushola ini hendaknya benar-benar dapat difungsikan secara optimal sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan dikalangan internal saja, akan tetapi juga dapat dirasakan oleh warga masyarakat lainnya. 

Dokumen Prokopim Gayo Lues 
Dokumen Prokopim Gayo Lues 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan