Mohon tunggu...
Ridwan Arifin
Ridwan Arifin Mohon Tunggu... mahasiwa gabut

sharing hasil belajar dari seorang mahasiswa gabut

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Sukses Tak Harus Menunggu Hari Tua: "Mengenal Bisnis Reseller dalam Lingkup Digital Marketing"

14 Agustus 2019   14:44 Diperbarui: 14 Agustus 2019   14:51 0 1 0 Mohon Tunggu...
Sukses Tak Harus Menunggu Hari Tua: "Mengenal Bisnis Reseller dalam Lingkup Digital Marketing"
Kegiatan Mahasiwa KKN Undip dengan Pemuda IPNU/IPPNU Desa Karangdowo | dokpri

2 Agustus 2019, telah dilaksanakan program monodisiplin oleh Nur Lia Cahyani mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis dalam  KKN TIM II UNDIP 2019 di desa Karangdowo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Dalam program sosialisasi pengenalan tentang bisnis Reseller dalam lingkup Digital Marketing tersebut melibatkan pemuda IPNU/IPPNU desa Karangdowo sebagai pesertanya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan mengajak para pemuda mengenal dunia bisnis serta memulai berbisnis di usia muda. 

Program tersebut diadakan disesuaikan berdasarkan pada hasil survey yang dilakukan bahwa dijumpai banyak para pemuda yang ingin memiliki bisnis sendiri namun mereka bingung bisnis apa yang bisa dijalani, karena menurut mereka untuk memulai atau mendirikan sebuah usaha harus memiliki modal yang  besar, sedangkan mereka saat ini bekerja di konveksi Tidak selalu menjadi yang dipimpin tetapi menjadi pemimpin dan pelaku bisnis. Kegiatan tersebut bertempat di Balai desa Karangdowo  pada pukul 10.00-selesai.

Program tersebut dilaksanakan dengan pemaparan materi terkait bisnis Reseller yang berisikan tentang apa bisnis reseller itu, bagaimana alur kerja Reseller, tips dan trik menjadi reseller sukses, pemasaran yang dilakukan di media sosial (digital marketing), keuntungan menjadi Reseller dan sebagainya. Materi tersebut dipaparkan dengan ceramah dan secara visual dengan power point yang ditampilkan melalui proyektor. 

Selain itu juga dilakukan pembagian leaflet dengan tujuan agar peserta dapat lebih jelas dan memahami materi yang disampaikan oleh mahasiswa. Serta dibuka sesi tanya jawab yang ditujukan bagi peserta yang masih perlu penjelasan dan ingin mengetahui lebih dalam terkait materi yang disampaikan.

Para peserta pun antusias dengan adanya program yang diadakan oleh mahasiswa dibuktikan dengan adanya penanya yang ingin mengetahui lebih jauh terkait bisnis Reseller . "Bisnis Reseller yang seperti apa yang banyak diminati saat ini ?" ujar salah satu peserta dalam kegiatan tersebut.

Dengan adanya pemaparan program pengenalan unit bisnis Reseller ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta bermanfaat bagi para pemuda desa Karangdowo dalam memulai usaha tanpa harus terkendala modal yang besar seperti membuka bisnis Konveksi. Semua bisnis berawal dari modal yang kecil dan suatu saat dapat berkembang serta menjadikan desa Karangdowo menjadi sentra bisnis Konveksi yang lebih maju lagi.