Quipper Indonesia
Quipper Indonesia

Distributors of wisdom | Membawa pendidikan terbaik ke seluruh penjuru Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Fakta Sains, Hewan-hewan di Alam Liar dengan Senjata Mematikan

4 Juni 2018   11:45 Diperbarui: 4 Juni 2018   12:05 573 0 0
Fakta Sains, Hewan-hewan di Alam Liar dengan Senjata Mematikan
Sumber: https://www.pexels.com/

Apakah kalian suka nonton film tentang robot-robot yang punya senjata mematikan untuk melawan musuh seperti Transformers?

Tahu enggak sih kalau ternyata bukan hanya robot-robot di Transformers saja yang punya senjata seperti itu loh. Hewan-hewan di alam liar juga punya senjata rahasia yang mematikan, nih.

Fakta Sains: Senjata untuk Bertahan Hidup

Hidup di alam mengharuskan penghuninya berusaha mempertahankan kehidupannya masing-masing. Manusia, hewan, dan tumbuhan pasti memiliki cara sendiri untuk survive. Nah, kali ini kita akan membahas tentang hewan yang memiliki hal spesial berupa 'senjata' yang sangat berguna untuk bertahan hidup di alam liar.

Senjata yang dimiliki dapat berfungsi untuk langsung melawan musuh ataupun berfungsi sebagai peringatan atau ancaman ketika ada musuh yang mendekat. Kita bisa melihat hewan-hewan yang memiliki senjata dari kenampakan fisiknya, bisa berupa tanduk, cakar, dan lainnya. 

Senjata yang dimiliki oleh hewan-hewan di alam tidak selamanya nyata terlihat, bahkan ada beberapa hewan yang jika dilihat dari fisiknya nampak tidak berbahaya namun tetap menyimpan senjata rahasia yang mematikan. Duh, daripada berlama-lama lebih baik langsung saja kita simak fakta sains menarik di bawah ini, yuk.

Sumber: www.newsweek.com/
Sumber: www.newsweek.com/
1. Ikan Batu, Senjata Rahasia: Pisau Lipat

Dikenal sebagai jawara kamuflase yang menghuni perairan Indo-Pasifik, ikan batu merupakan salah satu hewan yang paling beracun di lautan. Racun yang dimiliki ikan batu itu belum seberapa. Studi terbaru mengungkapkan ternyata ikan batu juga memiliki pisau lipat yang tersembunyi di bagian wajah mereka, loh.

Senjata yang disebut dengan pisau lipat ini sebenarnya merupakan tonjolan tulang yang terletak persis di bawah mata mereka. Nah, yang membuat ikan batu ini unik, mereka bisa memunculkan dan menahan 'pisau' yang mereka miliki seperti mengacungkan pisau lipat ke arah musuh yang mengancam kehidupannya.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh pemimpin studi, W. Leo Smith yang merupakan seorang ahli biologi evolusioner di Unviersity of Kansas di Lawrence, "Yang membuatnya unik adalah mereka bisa memunculkan dan menahannya, seakan mengacungkan pisau ke arah calon predator." Keren, ya!

Sumber: https://durbanlizards.co.za
Sumber: https://durbanlizards.co.za

2. Ular Stiletto - Senjata Rahasia: Gigitan Samping

Kebanyakan orang akan merasa takut saat bertemu dengan ular. Kamu takut juga enggak, nih? Kalo iya, ular stiletto ini akan membuat kamu semakin bergidik ngeri. Kok bisa sih?

Soalnya, berbeda dengan ular lainnya, ular berbisa yang biasa hidup di kawasan Afrika Timur dan kawasan Timur Tengah ini bahkan tidak perlu memberi peringatan dengan membuka mulut untuk menggigit musuhnya. Sendi peluru yang dimiliki oleh rahang ular stiletto ini memungkinkan taringnya untuk berputar keluar dan merobek musuh secara tak terduga tanpa perlu membuka mulutnya.

Sumber: https://news.nationalgeographic.com
Sumber: https://news.nationalgeographic.com
3. Kadal Air Spanyol - Senjata Rahasia: Duri-Duri Samping

Pada tahun 2009, Egon Heiss dari University of Vienna menemukan bahwa kadal air spanyol dapat memutar rusuk-rusuknya ke arah depan hingga menonjol dari kulit seperti duri. Duri-duri yang menonjol ini berfungsi sebagai pertahanan diri terhadap predator yang mengancam nyawanya.

Tahu enggak, selain duri-duri samping ini, kadal air spanyol juga mengeluarkan zat yang lengket dan beracun melalui pori-porinya untuk menempatkan lawan mereka ke dalam bahaya yang lebih besar.

Alberto Joven Araus dari Karolinska Institute di Stockhom, telah mengurutkan genom kadal air spanyol ini dan secara enggak sengaja terkena senjata rahasianya.

"Rasanya seperti banyak jarum kecil menusuk-nusuk permukaan kulit Anda. Meski sulit untuk menyebut berapa banyak tepatnya rusuk yang menusuk, reaksi kita cukup untuk membuat mereka kabur," tuturnya.

Sumber: https://www.pinterest.com
Sumber: https://www.pinterest.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2