Mohon tunggu...
Siti Qomariyah
Siti Qomariyah Mohon Tunggu... UNIVERSITAS JEMBER JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

UNIVERSITAS JEMBER JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Cluster Industri Mampu Memperkuat Wilayah Perekonomian Daerah?

27 November 2019   21:58 Diperbarui: 27 November 2019   22:21 3 0 0 Mohon Tunggu...

Apa itu cluster Industri?. Pertanyaan itu pertama kali muncul dari orang awam yang belum sepenuhnya mengetahui. Kalau Industri sepertinya semua orang tau pengertian dari "industri". Industri sendiri merupakan bentuk dari kegiatan ekonomi yang memproduksi atau menghasilkan atau menciptakan suatu nilai tambah serta barang yang diproduksi memiliki keuntungan dari proses tersebut.

Sedangkan cluster berasal dari kata bahasa inggris yang artinya kelompok, gerombolan, rangkai, rumpun. Jadi Cluster Industri ini merupakan Sekelompok industri yang saling bekerja sama yang tujuannya untuk memperkuat dan saling melengkapi hingga mampu menciptakan suatu produk atau barang yang memiliki daya saing yang tinggi.

Pengertian Cluster industry menurut beberapa ahli salah satunya Bergman dan Feser pada tahun 1999. Ia mengemukakan bahwa hubungan erat yang mengikat perusahaan-perusahaan dan industri tertentu secara bersama dalam beragam aspek perilaku umum, seperti misalnya lokasi geografis, sumber-sumber inovasi, pemasok dan faktor produksi bersama, dan lainnya. (sumber : klaster-industri-blogspot.com).

Apa saja yang dikatakan dalam pelaku cluster industri ? yaitu perusahaan yang bergerak di dalam industri inti dan perusahaan yang tergolong dalam industri pendukung, seperti industri pemasok bahan baku, industri pelengkap serta industri lanjutan dari industri inti.

Cluster industri dikatakan mampu memperkuat perekonomian di suatu daerah dikarenakan dari adanya kerja sama antara industri inti dengan industri pemasok bahan baku yang saling melengkapi maka barang produksi yang akan dihasilkan akan maksimal jika industri pemasok barang tersebut selalu menyediakan bahan baku untuk industri inti, setelah itu otomatis industri inti akan melakukan proses industri dengan cepat supaya dapat menghasilkan barang produksi yang banyak.

Dari hasil prouksi tersebut nantinya akan di pasarkan di wilayahnya maupun di ekspor ke luar wiayah. Sehingga itu bisa menambah perekonomian di wilayah tersebut. Tidak hanya itu, hubungan antara industri inti dengan industri pemasok barang yang proses produksinya selalu aktif dan tidak pernah berhenti beroperasi menimbulkan kurangya tenaga kerja untuk melakukan proses produksi.

Maka perusahaan akan menjaring tenaga kerja di wilayah tersebut sehingga hal tersebut juga mampu membantu perekonomian masyarakat yang bekerja di industri tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x