Mohon tunggu...
Qirana DindaTiara
Qirana DindaTiara Mohon Tunggu... S1 Teknologi Pendidikan UNJ

2020

Selanjutnya

Tutup

Digital

Peran MSI dalam Pembelajaran

24 Oktober 2020   18:03 Diperbarui: 24 Oktober 2020   18:10 23 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran MSI dalam Pembelajaran
Sumber: empmonitor.com

MSI dapat mengendalikan pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis (Wikipedia).

Manajemen Sistem Informasi merupakan sistem pengendalian yang dapat memudahkan dan membantu pekerjaan manusia. Sedangkan Manajemen Sistem Informasi dalam pembelajaran memiliki pengertian sebagai alat atau sarana pelayanan informasi baik komunikasi,kinerja, dan efektivitas kerja tim dalam perencanaan,pengorganisasian dan pengawasan yang terangkai padasebuah jaringan yang saling terhubung dan bekerja samauntuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran.

Pada dasarnya MSI dapat diimplementasikan dengan berbagai cara, salah satunya ialah menggunakan LAN dan internet. Implementasi MSI menggunakan media komputer ini tentunya harus dibarengi dengan terpenuhinya kualitas sumber daya manusia yang kompeten atau ahli dalam bidang teknologi informasi dan kesesuaian perangkat dengan teknologi yang ada. Contohnya pada bidang pendidikan, guru yang diberikan fasilitas media pembelajaran berbasis komputer akan sangat terbantu untuk menyampaikan pesan kepada siswanya. Karena dengan media pembelajaran yang baik, kedua pihak akan merasa terbantu.

MSI pada dunia pendidikan dapat digunakan untuk mengolah data informasi akademis baik siswa maupun mahasiswa. Siswa atau mahasiswa dapat secara langsung melihat nilai menggunakan komputer. Sedangkan MSI dalam pembelajaran sangatlah memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan pembelajara. MSI berbasis komputer sudah mulai banyak diterapkan di berbagai tingkat sekolah, penggunaaan MSI ini seperti penggunaan pada media Power Point.

PPT sebagai penyedia informasi yang sempurna ini akan sangat membantu siswa dalam pembelajaran, sebab siswa akan lebih jelas dalam memahami informasi dan masalah yang ada. Karena untuk menghasilkan output pembelajaran yang baik maka kita harus menggunakan sistem informasi yang baik pula. Seperti yang kita ketahui bahwa kualitas pembelajaran yang baik sangat ditentukan oleh bagaimana informasi itu dikemas, dipahami, dan dikomunikasikan oleh peserta belajar. Maka dari itu sangat diperlukan MSI yang dapat mendukung berjalannya proses pembelajaran.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x