Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

3 Laptop Unik dan Termahal Tempo Dulu!

22 Juni 2021   09:50 Diperbarui: 22 Juni 2021   10:31 303 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Laptop Unik dan Termahal Tempo Dulu!
3 Laptop Unik dan Termahal Tempo Dulu! (Source:accedemaps.com)

Perkembangan dunia digital semakin berkembang mengikuti pergerakan tahun, dimana salah satu bentuk nyata yang terlihat tersebut adalah perkembangan pada laptop dari bentuk yang sederhana hingga menjadi barang mewah saat ini. Namun, sebagai pengguna teknologi tentunya kita harus mengetahui seperti apa  jenis-jenis laptop yang berkembang dari masa ke masa, yang mempunyai harga cukup fantastis hingga ratusan juta rupiah.

Perkembangan laptop dari masa ke masa dimulai dari perancangan khusu awal desain PC sekitar tahun 1070-an. Ketika itu, laptop dikenal sebagai bagian dari portable information manipulator yang dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia agar lebih efisien dan efektif. Berikut ini 3 jenis laptop berdasarkan karakteristiknya yang dijual dengan harga mahal, sehingga hanya dimiliki oleh kalangan masyarakat atas. 

Gavilan SC

Gavilan SC merupakan jenis laptop unik pertama yang terbit di tahun 1985, spesifikasi yang dimiliki pada jenis laptop ini diantaranya dikembangkan oleh Manuel Fernandez yang dirancang menggunakan komponen berbasis mikroprosesor berukuran 5 MHz, dengan sistem intel yang digunakan antara lain berukuran 8088 dan menggunakan sistem Graphical User Interface. Harga penjualan laptop ini mencapai 250 juta per unitnya. 

Selain itu, laptop tipe ini juga memiliki berat yang super ringan antara lain rata-rata empat kilogram atau sekitar 9 lb. Selanjutnya, spesifikasi menarik dari laptop ini adalah mempunyai sistem floppy berbasis disk drive, LCD display berukuran 400 pixels X 64 pixels, dan touchpad yang bisa digunakan kapan saja. Bukan itu saja, laptop ini juga dilengkapi oleh komponen baterai berbentuk nickel cadmium yang dapat beroperasi selama 9 jam.

Baca Juga: Cara Jitu Agar Komputer/Laptop Tidak Lemot

Grid Compas 101

Jenis laptop unik berikutnya yang termasuk kategori mahal dari masa ke masa adalah Grid Compas 101. Ini merupakan laptop terbaik yang telah mengalami perkembangan tingkat prosesor dari sebelumnya. Selain itu, laptop ini memiliki berat hingga mencapai 11 kilogram dengan desain unik berbentuk portable yang sedikit berat untuk dibawa. Selain itu, komponen intel yang digunakan pada laptop ini menggunakan intel berukuran 8086. 

Grid Compas 101 memiliki ukuran layar berbentuk 320px X 240px dengan besar data memuat hingga 340 KB, serta menggunakan Magnetic Bubble berbentuk RAM yang terkoneksi langsung dengan OS berbentuk MS dan DOS, dengan kecepatan modern dengan kisaran 1200 bit/second. Itulah sebabnya laptop tipe ini memiliki penjualan saat itu mencapai 105 juta hingga 130 juta per unitnya, dikategorikan harganya cukup mahal dan tinggi.

Baca Juga: Laptop Touchscreen Murah

Apple Macintosh Portable

Ternyata, sejak dulu Apple Macintosh Portable merupakan salah satu jenis laptop unik yang memiliki harga sangat mahal hingga miliaran rupiah. Hal ini dikarenakan laptop ini memiliki komponen baterai super canggih, dengan dilengkapi oleh tampilan layar LCD berwarna sangat jelas dan tajam. Selain itu, processor yang digunakan jenis laptop ini berukuran 16 MHz, dengan up to mencapai 9 MB SRAM atau mencapai 1 MB. 

Terakhir, besar layar yang dimiliki laptop ini adalah 9,8 inchi dengan resolusi super mencapai 640 px X 400px. Terlebih lagi, adapun berat laptop ini di sekitar tahun 1992 tergolong sangat ringan, dan  bisa dibawa kemana-mana yakni hanya 6 kg. Laptop ini menggunakan sistem berbasis OS berukuran 6.0.4 yang menyertakan sebuah trackball di area kanan keyboard. Untuk harga penjualan laptop ini yaitu mencapai 150 hingga 200 juta rupiah per unitnya. 

Baca Juga: Tips Memilih Spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa

VIDEO PILIHAN