Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pertolongan Pertama Saat GERD Kambuh Tiba-Tiba, Penting!

18 Juni 2021   08:15 Diperbarui: 18 Juni 2021   08:31 396 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertolongan Pertama Saat GERD Kambuh Tiba-Tiba, Penting!
Pertolongan Pertama Saat GERD Kambuh Tiba-Tiba. Penting! (Source: Emilyforst)

Dilansir dari Medical News Today, bahwa penyebab timbulnya gejala GERD yang naik akan menyebabkan rasa tidak nyaman hingga panas menuju ke bagian dada (heartburn), bahkan hingga menjalar ke bagian belakang tulang dada. Beberapa para penderita dari penyakit GERD merasa mulutnya akan selalu pahit dan asam ketika penyakit tersebut kambuh, dan ini akan berlangsung selama berjam-jam .

Adapun hal terburuk yang akan terjadi adalah rasa sakit dan perih akibat GERD akan terus memburuk walaupun perut telah diisi oleh makanan. Itulah sebabnya, sangat penting bagi penderita GERD kronis untuk mempelajari secara detail langkah-langkah yang harus dilakukan apabila penyakit ini kambuh, sehingga ini akan membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan. Berikut ini adalah pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat GERD kambuh.

Longgarkan Pakaian Yang Sesak

Apabila GERD kambuh tiba-tiba, maka pertolongan pertama untuk mengatasinya adalah longgarkan baju ketat yang dikenakan. Hal ini dikarenakan, baju yang ketat akan menimbulkan tekanan pada perut sehingga memicu asam lambung naik dan memberikan efek menyesak. Selain baju, longgarkan juga kait celana dan ikat pinggan, sehingga rongga dada bisa bernafas lega membawa udara masuk ke dalam tenggorokan. 

Baca Juga: Pantangan Penting yang Harus Ditaati Penderita GERD

Berdiri Tegak

Cara kedua yang bisa dilakukan penderita saat GERD kambuh tiba-tiba adalah lakukanlah posisi tubuh dengan berdiri tegak. Alasannya yaitu karena posisi yang tidak pas dan kurang nyaman akan memberikan tekanan di sekitar Sfingter Esofagus bagian bawah, yakni bagian tubuh berbentuk cincin yang berfungsi mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Lakukanlah cara ini dengan rutin apabila GERD kambuh ketika berbaring. 

Meninggikan Posisi Bantal Saat Tidur

Apabila GERD kambuh tiba-tiba, maka cara ketiga yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri asam lambung bisa dilakukan dengan meninggikan posisi bantal saat tidur. Akan tetapi, saat meninggikan posisi bantal harus berada di antara pinggang dan kepala, lalu aturlah posisi kasur saat mengganjal tepat di bagian tubuh yang berdekatan langsung dengan posisi esofagus dan Lambung, dengan begitu kondisi ini akan memberikan rasa nyaman saat tidur.

Mengunyah Permen Karet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, mengunyah permen karet merupakan solusi efektif untuk membantu mengatasi gejala GERD yang kambuh tiba-tiba. Alasannya adalah, karena mengunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur ketika hendak menelan makanan. Bukan hanya itu, manfaat mengunyah permen karet juga dapat meredakan nyeri, mengencerkan dan membersihkan asam lambung di sekitar kerongkongan.

Baca Juga: Hal yang Tidak Disadari Menjadi Penyebab GERD

Minum Obat Asam Lambung (GERD)

Apabila GERD kambuh tiba-tiba, maka pertolongan selanjutnya yang bisa dilakukan oleh penderita yaitu jangan lupa minum obat asam lambung. Adapun jenis obat yang diminum tersebut harus mengandung PPI ( Penghambat Pompa Proton) dan Antasida H2 blocker. Manfaat dua kandungan tersebut adalah membantu mengurangi produksi asam di sekitar esofagus dan lambung, sehingga bisa mengatasi naiknya GERD secara tiba-tiba. 

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Terakhir, cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit asam lambung (GERD) yang kambuh tiba-tiba adalah dengan memberhentikan kebiasaan merokok . Tentu saja hal ini dikarenakan semakin banyaknya asap rokok yang dihirup dari nikotin tersebut, menyebabkan penyumbatan pada bagian tukak lambung menuju esofagus dan Lambung. Sehingga, menimbulkan terjadinya rasa asam di mulut dan tingkat keparahan pada penyakit GERD.

Baca Juga: Berani Sepelekan Asam Lambung?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x