Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Manfaat Nonton Film Berbahasa Asing, Bikin Makin Was-Wes-Wos!

16 Juni 2021   07:00 Diperbarui: 16 Juni 2021   07:27 337 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Nonton Film Berbahasa Asing, Bikin Makin Was-Wes-Wos!
Manfaat Nonton Film Berbahasa Asing (Source: Pixabay/Jeshoot)

Dunia perfilman selalu memiliki perkembangan sesuai dengan zamannya. Jika dulu, nonton film menjadi barang mewah, kini nonton film menjadi hobi yang dapat dilakukan dimana saja. Akses film tidak hanya di dalam negara saja, banyak film dari luar negeri yang dapat kita akses dengan berlangganan atau disediakan secara gratis. 

Nonton film merupakan aktivitas yang banyak disukai orang. Baik remaja hingga dewasa. Terlebih saat ini anda tidak hanya bisa nonton film lewat layar lebar bioskop, melainkan laptop, bahkan telepon genggam. Saat ini yang banyak dilirik sebagian besar orang adalah film luar negeri. Baik korea, thailand, terlebih film hollywood.

Baca Juga: Wish Dragon, Dongen Ala Aladdin Versi Urban Kekinian

Meski begitu, nonton film berbahasa asing bukan hanya sebagai hiburan saja lho! Namun, terdapat ragam manfaat yang tidak banyak orang menyadarinya. Manfaat apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

Latihan listening

Manfaat pertama yang tanpa kita sadari adalah melatih otak dan telinga kita dengan mengenalkan aksen terhadap bahasa asing yang digunakan. Dalam bahasa inggris, terdapat banyak aksen yang tentunya setiap orang akan berbeda dalam mengatakannya. 

Tentu saja dengan sering mendengar orang berdialog di dalam film akan menambah pemahaman kamu tentang berbagai aksen tadi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa berlatih pemahaman listening yang paling ampuh adalah dengan nonton film. 

Namun jika kamu sudah lumayan paham dengan bahasa yang digunakan, sebaiknya kamu mematikan subtitle bahasa Indonesia di pengaturannya.

Menambah kosakata

Manfaat kedua yang sering didapat tanpa sadar adalah penambahan kosa kata dalam otakmu. Dalam nonton film tentunya akan banyak kosakata yang akan keluar dalam berbagai dialog antar pemerannya. Tentu saja hal ini akan menambah wawasan tentang kosa kata yang kamu punya. 

Baiknya jika menemukan kosakata baru dalam dialog yang kamu tidak mengetahuinya,  segeralah mencatat kemudian mencari tahu lebih lanjut lagi seusai nonton film. Jadi hal tersebut dapat dikatakan sambil menyelam minum air. Sembari nonton, menambah wawasan kosa kata pula.

Baca Juga: Fabricated City, Aksi Menegangkan Team Gamer dalam Mengungkapkan Kasus

Belajar budaya

Ternyata manfaat ketiga yang akan didapat bukan hanya tentang kosakata dan berlatih listening saja. Melainkan pembelajaran tentang budaya. Nonton film berbahasa asing tentunya kamu akan mendapati budaya atau culture yang berbeda di dalam film. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kamu apabila pergi ke luar negeri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN