Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Cara Mengatur Keuangan Buat para Generasi Millennials Biar Nggak Melarat di Hari Tua

25 Mei 2021   11:01 Diperbarui: 26 Mei 2021   09:28 146 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengatur Keuangan Buat para Generasi Millennials Biar Nggak Melarat di Hari Tua
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Millennials (Source: theconversation.com)

Siapa di antara kamu yang selalu kehabisan uang sebelum gajian tiba? Mengelola keuangan atau gaji bulanan memang susah-susah gampang. Jangan sampai juga kamu jadi punya gaji 5 koma alias tanggal 5 sudah koma. Duh, nggak banget deh! Namun sayangnya tanpa disadari hal ini seringkali terjadi di kalangan millennials.

Gaya hidup yang inginnya selalu mengikuti gaya hidup 'kekinian' demi mendapatkan pengakuan memiliki kehidupan yang menyenangkan di media sosial. Tentu saja semua ini bukan tanpa pengorbanan dong? Jika terus-menerus diakukan hal ini maka akan membuat kamu cenderung boros karena terus mengikuti tren yang tak pernah ada habisnya.

Belum lagi para generasi millennials pun dirasa kurang menerima edukasi dalam hal mengelola keuangan yang membuat millennials kesulitan untuk atur keuangan.

Nah, untuk itulah kamu pun dituntut untuk bisa cermat mengatur keuangan agar kehidupan di masa depan nanti akan tetap terjamin. Nggak mau kan kamu terus-terusan terlena dengan kehidupan saat ini tapi di masa tua nanti kamu malahan nggak bisa menikmatinya sama sekali?

Eits, tapi bukannya kamu nggak boleh bersenang-senang loh! Boleh banget, tapi kamu harus pintar-pintar mengaturnya.

Hal pertama yang mesti kamu tanamkan di pikiran adalah tahu dengan benar mana yang jadi kebutuhan mana yang hanya sebatas keinginan. Ilmu dalam mengambil keputusan di sini sangatlah diperlukan, kamu wajib tahu mengambil keputusan barang apa yang mesti dibeli mana yang tidak.

Selain itu, cara-cara berikut ini juga bisa kamu terapkan agar kamu bisa mengelola keuangan dan nggak menderita lagi saat akhir bulan. Yuk, lihat poinnya apa saja, nyesal loh kalau nggak lihat!

1. Mulai catat semua pengeluaran kamu selama sebulan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulai mencatat semua jenis pengeluaranmu selama sebulan dengan detail. Sekarang ini sudah banyak juga loh aplikasi-aplikasi keuangan yang bisa kamu download gratis di smartphone.

Aplikasi tersebut membantu kamu mencatat dengan baik pengeluaranmu. Dari sini kamu bisa melihat apakah pengeluaranmu masih dalam batas yang wajar atau tidak. Kamu bisa lihat dana terbesar yang kamu keluarkan dan seringnya tanpa kamu sadari.

Misalnya dari catatan bulanan ini kamu bisa melihat ternyata pengeluaranmu membeli kado untuk teman cukup besar. Hal ini terjadi karena kamu tidak menganggarkan dananya dan beli secara mendadak. Padahal jika kamu bisa lebih terencana, kamu bisa mencari promo-promo murah dengan barang yang juga nggak bagusnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN