Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - random

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Tinggal di Indekos Sendiri atau Punya Roommate, Lebih Nyaman Mana?

30 Maret 2023   15:00 Diperbarui: 1 April 2023   17:00 679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Twit Candra Aditya yang viral tentang renovasi kamar kos (Dok Candra Aditya via properti.kompas.com)

Sebagai orang yang sudah bertahun-tahun tinggal nge-kos di kota orang. Ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman atau orang lain yang saya temui.

Nge-kos sendiri atau sama teman, mba?

Entah kenapa, pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh teman-teman, saudara, atau kerabat saat tau saya nge-kos saat kuliah. Ya, tentunya saya menjawab sesuai kondisi saya saat itu.

Nge-kos sendiri berarti memiliki area sendiri dan kebebasan untuk melakukan apapun. Sedangkan roommate atau teman sekamar berarti akan ada orang lain yang ada di dekat kita kapanpun yang mengharuskan kita untuk selalu berbagi.

Karena pernah merasakan keduanya, saya jadi sering membandingkan dua kondisi tersebut. Ada beberapa hal yang berbeda jika kita memilih untuk kost sendiri dan memiliki teman sekamar.

Privasi

Di zaman sekarang, privasi menjadi salah satu hal yang penting. Bagi sebagian orang, privasi adalah hal yang mutlak dan tidak boleh disenggol sedikitpun. Namun, ada juga orang yang memiliki batas privasi yang agak fleksibel. Termasuk saya. 

Saat memiliki teman sekamar, batas privasi tentunya lebih fleksibel. Secara tidak langsung, ada orang lain yang terasa memasuki teritorial kita sendiri. Pasti akan ada orang lain yang mungkin mendengar pembicaraan kita di telepon, mengetahui sedikit banyak tentang rencana kita di masa depan, atau keseharian kita yang mungkin tidak diketahui oleh orang lain. 

Berbeda dengan saat memilih ngekost sendiri, privasi kita terjaga sepenuhnya dan kita bisa mengontrol siapapun yang masuk ke area privat. 

roommate atau teman sekamar (sumber: Sociolla)
roommate atau teman sekamar (sumber: Sociolla)

Well, Sedikit privasi adalah hal yang pasti jika memiliki roommate. Lagipula, memilih teman sekamar juga tidak akan sembarangan. Paling tidak, mereka adalah seseorang yang memang sudah dekat kita di kehidupan sosial sebelum menjadi teman sekamar. Jadi, sedikit banyak mereka sudah tau mengenai diri kita dan rasanya tidak apa memberikan akses ke privasi kita.

Biaya Hidup

Memiliki teman sekamar tentunya akan meringankan biaya hidup. Sedikit banyak, teman sekamar akan memberikan keuntungan ini. Misalnya, biaya indekos akan lebih murah jika kita memiliki teman sekamar. Biaya logistik seperti membeli beras, minyak goreng, atau sekedar bumbu dapur juga biasanya akan dibagi. Semua beban keuangan yang berkaitan dengan tempat tinggal akan dijunjung berdua. Sedangkan, semua biaya sewa atau kebutuhan logistik akan dipikul sendiri jika memutuskan untuk tidak memiliki roommate.

Kenyamanan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun